Surya/

Cerita Dua Cewek Ukraina Keliling Surabaya, Lebih Suka Naik Ojek Online

Anastasia Dotsenko (24) Anna Nazarenko (24) asal Ukraina sedang menempuh program Dharmasiswa di ITS Surabaya.

Cerita Dua Cewek Ukraina Keliling Surabaya, Lebih Suka Naik Ojek Online
sulvi sofiana
Anastasia Dotsenko (24) dan Anna Nazarenko (24), warga Ukraina yang berlibur di Surabaya dan mengunjungi House of Sampoerna, Rabu (2/2/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Berwisata di wilayah baru tak lepas dari transportasi umum yang menjadi akomodasi utama.

Sayangnya, rute bis dan angkutan umun di Surabaya tidak memiliki petunjuk rute yang bisa dipahami warga asing.

Hal ini dirasakan Anastasia Dotsenko (24), warga Ukraina yang sedang menempuh program Dharmasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Anastasia sering berkunjung ke beberapa daerah di Jatim maupun kepulauan selama 5 bulan tinggal di Surabaya. Bahkan ia juga mulai menjadi pemandu bagi teman sewaktu kuliah di Ukraina.

“Akomodasi di sini saya pakai ojek atau taksi online, yang pasti bukan transportasi umun. Karena di sini sangat sulit pakai bus, atau angkutan umum. Tidak ada rute yang terpampang di halte, dan tidak semua warga bisa paham bahasa Inggris untuk saya tanyai kemana rute busnya,” ungkapnya ketika ditemui di House of Sampoerna (HOS), Kamis (2/2/2017).

Untuk kunjungan hari pertama temannya, ia merencanakan 4 destinasi.

Mulai dari berkunjung ke pantai selatan Surabaya untuk melihat jejak kebudayaan yang ditulis menggunakan bahasa Ukraina, kemudian melihat Monumen Suroboyo, mengunjungi House of Sampoerna. Kemudian ia berencana menutup hari dengan melihat Vihara di Kenjeran.

“Ini menyenangkan sekali melihat jejak budaya di Surabaya masih terdapat bahasa Ukraina yang terukir, padahal jarak Ukraina dan Indonesia jauh,” ungkapnya.

Selain itu, ia berencana menunjukkan beberapa taman di Surabaya. Menurutnya memeang tak banyak wisata yang bisa dikunjungi di Surabaya.

Karena Surabaya identik dengan perkotaan sehingga memang cukup jarang wisatawan asal Eropa atau wilayah barat yang datang ke Surabaya

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help