Berita Surabaya

Fadila Depresi Jadi TKW di Singapura, Ditelantarkan di Batam, Diselamatkan Marinir

"Korban sampai sekarang dirawat di rumah sakit jiwa di Surakarta," tutur pendamping buruh migran ini kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Fadila Depresi Jadi TKW di Singapura, Ditelantarkan di Batam,  Diselamatkan Marinir
surya/anas miftakhutadin
Masringah, ibu dari TKW Fadila Rahmatika didampingi kuasa hukum dan pendamping buruh migran saat lapor ke SPKT Polda Jatim, Sabtu (21/1/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tenaga Kerja wanita (TKW) Fadila Rahmatika, 24, asal Ponorogo yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) di Singapura ditelantarkan majikannya di Pelabuhan Batam.

Ketika ditemukan oleh seorang marinir, kondisi korban depresi berat dan tubuhnnya penuh luka.

Kejanggalan yang ada pada tubuh korban, Erwiana Sulistianingsih, pendamping korban dari organisasi buruh-migran bersama keluarga melaporkan ke Polda Jatim, Sabtu (21/1/2016).

Laporannya human trafficking. Menurut Masringah, 49, ibu korban, anaknya pamit bekerja di Singapura sejak awal Februari 2016.

"Ngomongnya bekerja sebagai pembantu rumah tangga," tutur Masringah di SPKT Polda Jatim, Sabtu (21/1/2017).

Ketika melapor, Masringah kelihatan sedih. Dari raut wajahnya tergambar sedih yang mendalam. Tatapan matanya sering kelihatan kosong. Beberapa kali, Masringah kelihatan menggelengkan kepala.

Sementara Erwiana Sulistianingsih, pendamping korban dari organisasi buruh-migran, menceritakan Fadila bekerja di Singapura sekitar 10 bulan, Februari sampai ditemukan di Pelabuhan Batam akhir 2016.

"Di Singapura Fadila bekerja di dua majikan. Majikan pertama orangnya baik, tapi takut sama anjing dan pindah majikan," ungkap Erwiana kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Sewaktu korban ditemukan oleh seorang marinir, korban sendirian dan terlihat bingung di kapal penumpang yang menyebrangkannya dari Singapura.

"Korban akhirnya dirawat oleh keluarga marinir sembari ditanya asal usulnya. Dari situ akhirnya diketahui yang memberangkatkan PT Panca Mana Utama di Sidoarjo," terang Erwiana.

Halaman
12
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved