Berita Surabaya

Panja Pasar Turi Dihentikan, seperti ini Rekomendasinya

"Panja itu kan ada masa kerjanya dan sudah habis. Kami sudah memanggil semuanya dan memberi rekomendasi pada semua pihak," tutur Adies Kadir.

Panja Pasar Turi Dihentikan, seperti ini Rekomendasinya
surya/monica felicitas
Seorang melintas di depan Pasar Turi Baru. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Panitia Kerja (Panja) Pasar Turi Surabaya Komisi III DPR RI telah dihentikan.
Panja lantas memberikan rekomendasi penyelesaian masalah Pasar Turi kepada pihak terkait.

Adies Kadir, anggota Panja Pasar Turi Surabaya, membenarkan atas kabar pemberhentian Panja Pasar Turi Surabaya.

"Panja itu kan ada masa kerjanya dan sudah habis. Kami sudah memanggil semuanya dan memberi rekomendasi pada semua pihak," tutur politisi Partai Golkar yang juga anggota Komisi III DPR RI, Kamis (19/1/2017).

Rekomendasi diberikan Panja Pasar Turi kepada Pemkot Surabaya, investor PT Gala Bumi Perkasa, Polda Jatim, dan Bareskrim Mabes Polri.

"Ya intinya hasil pembahasan di Panja merekomendasikan agar penyelesaian masalah Pasar Turi dilakukan tanpa menimbulkan konflik," tutur Adies Kadir.

Sebelumnya, Desmon J Mahesa, Ketua Panja Pasar Turi, mengaku sudah memberikan rekomendasi penyelesaian konflik Pasar Turi pada Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Henry J Gunawan (investor PT Gala Bumi Perkasa), dan pedagang Pasar Turi.

"Karena Bu Risma dan investor sudah berkomitmen menyelesaikan perkara hukum dengan melibatkan pedagang, ya kami merekomendasikan kepada mereka. DPR tidak menyelesaikan lagi karena menurut keterangan Bu Risma, prosesnya kan mediasi," paparnya.

Dihentikannya Panja Pasar Turi, Desmond memastikan tidak akan ada lagi pemanggilan terhadap para saksi.
"Tidak ada lagi. Sudah closed karena Risma dan Henry sudah berkomitmen bagaimana pedagang tidak dirugikan. Kalau terlalu jauh kayak pengadilan nggak bisa, ini cuma panja. Terlebih penting masyarakat atau para pedagang tidak dirugikan. Itu janji Bu Risma dan Henry," tandas Desmond.

Menurutnya, inti dari konflik Pasar Turi adalah permintaan perlindungan hukum agar pedagang tidak dirugikan. Desmond optimistis kasus Pasar Turi bisa terselesaikan tanpa harus merugikan kepentingan para pedagang.

Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved