Surya/

Properti

Mahasiswa Picu Pembangunan Massif Apartemen di Surabaya Timur

Apartemen di Surabaya mengalami pertumbuhan yang pesat sepanjang 2016. Pemicunya adalah mahasiswa-mahasiswa kaya yang mungkin tak lagi doyan indekost.

Mahasiswa Picu Pembangunan Massif Apartemen di Surabaya Timur
Harian Surya/SUGIHARTO
Ilustrasi maket apartemen 

SURYA.co.id | SURABAYA - Banyaknya kampus besar di wilayah Surabaya Timur memicu pertumbuhan apartemen secara luar biasa.

Ini terlihat dari penelitian yang dilakukan Colliers International Indonesia, lembaga yang rutin mengeluarkan laporan terbaru tentang properti market. Hingga akhir tahun 2016, total jumlah apartemen di Surabaya mencapai 27.663 unit.

Dari jumlah itu, sebanyak 46 persen berada di wilayah Surabaya Timur, lalu 44 persen di Surabaya Barat 44 persen, Surabaya Selatan 7 persen, dan Surabaya Pusat 3 persen.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, banyaknya apartemen yang dibangun di Surabaya Timur karena wilayah ini banyak berdiri kampus ternama, baik negeri maupun swasta.

Seperti Universitas Airlangga, ITS Surabaya, UPN Veteran Jatim, Universitas Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala, STTS, hingga STIKOM.

"Jadi, market yang disasar adalah mahasiswa," ujarnya, kepada Surya, Selasa (17/1/2017).

Dengan jumlah mahasiwa yang mencapai puluhan ribu, proyek apartemen yang dibangun pengembang secara massif di Surabaya Timur biasanya jumlah unitnya lebih banyak dibandingkan wilayah lain.

"Tapi dari sisi unit, lebih kecil. Agar harganya lebih terjangkau," jelasnya.

Berbeda dengan Surabaya Timur, di Surabaya Barat apartemen tumbuh pesat karena wilayah ini merupakan kawasan residensial alias hunian dan dukungan infrastruktur yang memadai.

"Makanya unitnya lebih besar dan dari sisi harga juga lebih mahal," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help