Surabaya Agya Ayla Community

Surabaya Agya Ayla Community Tanam Seribu Pohon Mangrove

KOMUNITAS PENGGUNA AGYA & AYLA. Hutan mangrove berfungsi sebagai penyerap dan penghasil O2 serta penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar.

Surabaya Agya Ayla Community Tanam Seribu Pohon Mangrove
dok pribadi
Surabaya Agya Ayla Community tanam seribu pohon Mangrove. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepedulian terhadap lingkungan wajib dimiliki oleh semua orang karena kondisi lingkungan yang sudah semakin menyedihkan saat ini. Dampak pemanasan global pada bumi juga sudah mulai terlihat di beberapa tempat di seluruh belahan dunia.

Banyak komunitas yang melakukan kegiatan peduli lingkungan, salah satunya yang dilakukan oleh Surabaya Agya Ayla Community (SAGA) beberapa waktu yang lalu yakni menanam seribu pohon.

Semakin banyaknya hutan yang gundul dikarenakan penebangan pohon secara liar menjadi suatu keprihatinan tersendiri bagi para anggota SAGA. Humas SAGA, Dede Nasrullah mengatakan para anggota SAGA sangat peduli dengan kondisi lingkungan. Apalagi karena pohon sangatlah penting untuk menyerap gas karbondioksida dan gas beracun lain di udara.

“Pohon  mampu menghasilkan oksigen yang merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup, maka dari itu kegiatan tanam pohon ini kami lakukan,” ujarnya. SAGA melakukan penanaman 1000 pohon mangrove di kawasan hutan mangrove Wonorejo Surabaya. Penanaman pohon itu diikuti anggota SAGA dan keluarga sehingga juga mengajarkan kepeduliaan lingkungan pada anak-anak mereka.

Kegiatan yang juga dilakukan bersamaan dengan kopi darat (kopdar) komunitas SAGA itu, menurut ketua SAGA, Antonius Raynald Mudrig, terinspirasi dari jasa J Sterling Morton, seorang pecinta alam dari Amerika yang giat mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

“Sterling Morton bisa mengajak banyak orang untuk peduli terhadap pohon yang memiliki banyak fungsi,” jelasnya. Khususnya pohon mangrove yang menghalangi ombak dari laut sampai ke daratan sehingga mengurangi resiko adanya bencana alam yang datangnya dari laut.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian komunitas SAGA lingkungan dan mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup. Untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna (burung) dan membuat iklim mikro yang baik.

Hutan berfungsi sebagai penyerap dan penghasil O2 serta sebagai penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar.

Bila hutan rusak, akibat yang ditimbulkan tidaklah sedikit dan akan menelan banyak korban jiwa. Seperti akan adanya tanah longsor, banjir bandang, dan lain sebagainya.

“Dengan jumlah luasan hutan yang tinggal sedikit tidak akan dapat menyerap gas rumah kaca sehingga akibatnya pengaruh global warming ini akan terus meluas di mana–mana,” katanya.

Surabaya Agya Ayla (SAGA) Community merupakan komunitas pengguna kendaraan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang didirikan di Surabaya pada 5 Juli 2014.

Saat itu, mereka kopdar (kopi darat/temu anggota) pertama kali 

Saat itu juga dibuat kesepakatan untuk membentuk sebuah komunitas yang beranggotakan para pemilik kendaraan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sebagai wadah saling bertukar pikiran masalah teknis maupun non teknis masing-masing kendaraan.

Selain itu sebagai media menambah teman, sahabat, saudara, dan keluarga dari pemilik kendaraan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved