Surya/

Bocah Pengidap Tumor Gusi

Bocah Pengidap Tumor Gusi Sukses Jalani Operasi Pengangkatan Tumor

Shinwan Bintang atau Imam Waras, bocah 7 tahun penderita tumor gusi asal Blitar berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor. Begini nasibnya kini.

Bocah Pengidap Tumor Gusi Sukses Jalani Operasi Pengangkatan Tumor
Surabaya.tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Kondisi Shinwan Bintang saat belum menjalani operasi pengangkatan tumor gusi (kiri) dan setelah menjalani operasi pengangkatan (kanan). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Satu per satu slide foto perkembangan tumor guzi yang di derita Shinwan Bintang, bocah 7 tahun asal Blitar, Jawa Timur ditampilkan di RS PHC Surabaya.

Tim dokter yang merupakan gabungan dari berbagai rumah sakit menunjukkan juga potret kondisi bocah yang sekarang diganti nama menjadi Imam Waras usai operasi pengangkatan tumor.

Dalam foto tersebut terlihat kondisi wajah Imam masih sama dengan rahang yang melebar dan mulut terbuka.

Hanya saja benjolan tumor di rahang atas dan bawah telah hilang. Benjolah daging seberat 1,5 kilogram itu berhasil diangkat pada Kamis lalu (5/1/2017).

Tim operasi tumor gusi, dr Urip Murtedjo SpB-KL(K) mengungkapkan sepanjang pengalamannya sebagai dokter bedah belum pernah menemui kasus serupa.

Bahkan dia mengatakan, di negara manapun cukup jarang ditemukan kasus tumor gusi ini.

Sehingga saat usia 2 tahun dibawa ke RSUD Dr Soetomo belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut terhadap Shinwan.

“Kalau secara teori sebenarnya penyakit ini akan semakin mengecil bahkan menghilang seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia.Tetapi dalam kasus ini malah semakin membesar,” jelasnya.

Tim gabungan
Tim gabungan dokter yang bekerja melakukan operasi pengangkatan tumor gusi Shinwan Bintang, Senin (9/1/2017).

Namun, setelah mendapat donasi dan fasilitas dari PHC, tim dokter dari RSUD dr Soetomo dan RS PHC memutuskan untuk menjalankan operasi.
Indikasi pembedahan sudah diberitahukan pada pihak keluarga, tetapi harus dilakukan operasi.

“Karena tumor pada rahang bawah dan rahang atas semakin membesar yang pasti akan timbul gangguan nafas, makan. Selain itu, takutnya tumor akan merusak mata, apalagi keinginan keluarga agar psikis Imam tak minder lagi, soalnya di sekolah saja juga berprestasi,”lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help