Terminal Purabaya

Terminal Purabaya Dikembalikan ke Pemkot, Dishub Langsung Persiapkan Konsep ini

KEPALA Dishub Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan, pengembalian itu akan dimanfaatkan dengan maksimal oleh Dishub Kota Surabaya.

Terminal Purabaya Dikembalikan ke Pemkot, Dishub Langsung Persiapkan Konsep ini
nuraini faiq
Eskalator yang kini sudah terpasang di Terminal Purabaya, Selasa (4/9/1016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyambut baik pengembalian terminal tipe A Purabaya kembali ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Pengembalian ini pun akan diwarnai dengan wajah baru Purabaya seiring penataan managemen.

Konsep yang telah disiapkan oleh Dishub meliputi, mendirikan unit-unit bisnis menyerupai bandara. Harapannya supaya dapat mendongkrak pendapatan dari sektor ekonomi dalam terminal terbesar di Jawa Timur ini.

Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan, pengembalian itu akan dimanfaatkan dengan maksimal oleh Dishub Kota Surabaya. Mulai dari segi penataan management terminal, hingga konsep baru untuk merubah terminal Purabaya supaya lebih diminati.

"Purabaya itu sebenarnya punya keunggulan yang cukup bagus. Tapi karena ada UU Nomor 28 Tahun 2009 imbasnya kepada pendapatan yang terus merosot. Dimana pungutan peron tidak diperbolehkan, padahal biaya operasional juga cukup besar. Jadi tidak seimbang dengan pendapatan," jelas Irvan.

Kemerosotan ini lanjut Irvan, juga dikarenakan banyaknya kios yang tutup selama tiga tahun terakhir. Padahal sejumlah kios yang dinilai menguntungkan itu secara tidak langsung dapat mendongkrak pendapatan disaat pengunjung ramaia. Kembalinya pengelolaan ini Dishub akan mulai melakukan penataan managemen.

"Sesuai yang disampaikan Pak Menhub, sudah seharusnya terminal dikelola sebagai tempat bisnis bukan hanya berorientasi pelayanan masyarakat saja. Seperti airport tax, tapi kami masih memikirkan konsep detailnya seperti apa nantinya," terang Irvan.

Meski secara lisan Menteri Perhubungan menyerahkan hak operasional kepada Pemkot Surabaya, namun secara hukum hitam diatas putih belum terlaksana. Oleh karena itu, Pemkot Surabaya melalui Dishub Kota Surabaya akan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat untuk berita acara serah terima hak pengelola operasional terminal.

"Suratnya sudah kami kirimkan, sekarang masih menunggu berita acaranya. Kalau sudah terima cerita acara serah terima hak pengelolaan operasional terminal, maka kita bisa lakukan penataan terminalnya," papar

Penulis: Rorry Nurwawati
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help