Advertorial

DPRD Perjuangkan Sekolah Tetap Gratis hingga Soal PJU

"Kami berharap ada solusi terbaik dan regulasi yang membiarkan warga Surabaya bisa menikmati pendidikan gratis yang menjadi haknya," kata Ratih.

DPRD Perjuangkan Sekolah Tetap Gratis hingga Soal PJU
surya/habibur rohman
TOKOH - Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mendampingi Wali Kota Tri Rismaharini dalam sebuah acara. Kepada dua tokoh inilah, warga Surabaya berharap mendapat kehidupan lebih baik. 

SURYA.co.id | SURABAYA - DPRD Surabaya saat ini terus memperjuangkan hak-hak dan aspirasi masyarakat. Yang paling mendasar adalah layanan pendidikan. Baik Pemkot Surabaya maupun DPRD harus berjuang merealisasikan keberlangsungan pendidikan gratis.

"Hal yang paling dinantikan masyarakat adalah sekolah gratis. Ini harus diperjuangkan betul oleh Pemkot," tegas Wakil Ketua DPRD Surabaya Ratih Retnowati.

Dewan sudah menyetujui penganggaran Bopda dalam APBD 2017. Meski Dewan telah mengesahkan, namun pencairan anggaran Rp 178 miliar untuk menggratiskan sekolah ini masih menunggu keputusan Depdagri.

Sebab, kewenangan dan pengelolaan SMA/SMK kini telah diambil alih Pemprov Jatim.

Masalahnya, apakah dibenarkan secara hukum anggaran Kota Surabaya itu digunakan oleh Pemprov Jatim utuk kepentingan pendidikan di Surabaya.

"Kami berharap ada solusi terbaik dan regulasi yang membiarkan warga Surabaya bisa menikmati pendidikan gratis yang menjadi haknya," kata Ratih.

Wakil Ketua DPRD Masduki Toha berharap Pemerintah Pusat bisa memahami karakteristik Surabaya. Kota ini, baik Pemkot maupun Dewan, sama-sama berjuang memberi layanan pendidikan secara maksimal kepada warganya.

"Justru Pemerintah pusat sebaiknya mengapresiasi upaya Surabaya menggratiskan pendidikan hingga SMA/SMK. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak diizinkan menggunakan dana Bopda," kata Cak Duki.

Penerangan Jalan Umum
Selain masalah pendidikan gratis, fasilitas penerangan jalan umum (PJU) juga menjadi catatan Wakil Ketua DPRD Sudarmawan.

"Surabaya adalah kota besar. Disayangkan jika saat ini masih ada kawasan tanpa PJU. Ini harus menjadi perhatian serius Pemkot.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved