Surya/

Pemprov Jatim

Ditawari Prancis Teknologi Tata Kota dan Sanitasi untuk Kota di Jatim, begini Reaksi Gus

DENGAN akrab, kedua perwakikan negara ini pun saling menyambut dan bertukar informasi. Gus Ipul ditemani sejumlah kepala dinas.

Ditawari Prancis Teknologi Tata Kota dan Sanitasi untuk Kota di Jatim, begini Reaksi Gus
surya/nuraini faiq
Wakil Duta Besar Prancis di Jakarta Charles-Henri Brosseau bertemu Gus Ipul di Kantor Gubernur, Jumat (16/12/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Prancis menawarkan teknologi tata kota, Sanitasi, hingga pengelolaan sampah untuk Surabaya dan kota lain di Jatim.

Melalui Wakil Duta Besar Prancis di Jakarta, Charles-Henri Brosseau, perwakilan negara Eropa ini menemui Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, Jumat (16/12/2016).

"Ini kunjungan yang luar biasa," sambut Gus Ipul hangat saat menyambut Charles di Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan, Jumat (16/12/2016).

Dengan akrab, kedua perwakikan negara ini pun saling menyambut dan bertukar informasi. Gus Ipul ditemani sejumlah kepala dinas.

"Saya pikir di Surabaya (ibu kota provinsi Jatim) ini lebih nyaman dibandingkan di Jakarta," ucap Brosseau.

Kondisi Jatim yang kondusif dan dinamis menggoda Prancis untuk membuka kerja sama perdagangan dan sektor lain.

"Kami ingin tawarkan teknologi tata kota, Sanitasi, dan pengelolaan sampah di Surabaya dan kota lain di Jatim," tambah Brosseau.

Sebenarnya perwakilan Prancis menemui Wagub Gus Ipul ini untuk melaporkan rencana peringatan 50 tahun Institut Francais Indonesia (IFI) pada 30 Januari 2017.

Ikut mendampingi Brosseau adalah Direktur IFI Surabaya Veronique Mathelin. Saat ini ada konsulat kehormatan Prancis di Surabaya

Dari total perwakilan negara asing di Surabaya, tiga di antaranya ada konjen, yakni Konjen AS, Konjen Jepang, dan Konjen Tiongkok.

Dengan diangkatnya konsul kehormatan Perancis tersebut, kini ada 20 perwakilan negara-negara di Jawa Timur.

"Ini bagus untuk meningkatkan hubungan dagang dan ekonomi kita," kata Kepala Disperindag Jatim Ardi.

Usai pembicaraan bilateral itu, Gus Ipul senang diberi CD kaset. Gus Ipul berharap Pelabuhan Tanjung Perak ada pelayaran langsung Prancis.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help