Berita Malang Raya

Gus Ipul: Akuntansi Bantu Pemerintah Mengurangi Potensi Korupsi

MENURUT Gus Ipul, fungsi akuntansi semakin lama semakin melebar. Bukan hanya digunakan sebagai catatan atau pembukuan semata.

Gus Ipul: Akuntansi Bantu Pemerintah Mengurangi Potensi Korupsi
foto:istimewa
Wagub Jatim Saifullah Yusuf bersama Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Prof Dr M Nasir menerima kenang-kenangan dari Rektor Universitas Negeri Malang, di aula Graha Cakrawala pada pembukaan Internasional Management Accounting Symposium, Senin (5/12/2016). 

SURYA.co.id | MALANG - Akuntansi terbukti mampu membantu pekerjaan pemerintah maupun lembaga lainnya, salah satunya adalah membantu mengukur kinerja sebuah institusi jadi lebih terukur dan terencana.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul), pada acara 2016 International Management Accounting Symposium "The Frontiers of Accounting" yang digelar di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Senin (5/12/2016).

Menurut Gus Ipul, fungsi akuntansi semakin lama semakin melebar. Bukan hanya digunakan sebagai catatan atau pembukuan semata.

Namun akuntansi terbukti mampu membantu pemerintah dalam mengukur kinerja sebuah instansi.

"Dengan akuntansi semua hal bisa diukur, salah satunya yang terbaru digunakan di pemerintahan," kata Gus Ipul.

Ia menjelaskan, akuntasi juga dijadikan pemerintah untuk proyeksi dalam menentukan strategi yang akan dilakukan di masa mendatang. Dengan akuntansi, banyak kebijakan yang bisa dirumuskan guna kepentingan masyarakat.

"Akuntasi tidak sekadar catatan, tidak sekadar sistem, tapi lebih dari pada itu. Akuntansi adalah strategi yang memajukan," ujar Gus Ipul.

Dengan akuntasi, setidaknya ada dua hal yang bisa didapat. Yang pertama adalah akutansi akan melindungi aset yang dimiliki. Jika di pemerintahan, maka akutansi inilah yang melindungi aset nagara. Begitu juga jika di instansi swasta, maka akuntansi juga yang mampu melindungi aset tersebut.

Selain itu, dengan catatan akuntasi yang baik, maka aset juga bisa diukur dan diawasi secara ketat.

"Dari kepentingan negara, akuntasi yang baik bisa mengurangi korupsi kemudian bisa lebih efisien yang pada akhirnya turut mensejahterakan rakyat," pungkas Gus Ipul.

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved