Berita Sidoarjo

Tujuh Bulan Kosong, Bupati segera Isi Direksi PDAM Delta Tirta, begini Janjinya

MESKI penentuan direksi PDAM hak preogratif bupati, Saiful mengaku lebih condong ke perekrutan melalui fit and proper test.

Tujuh Bulan Kosong, Bupati segera Isi Direksi PDAM Delta Tirta, begini Janjinya
surya/irwan syairwan
Bupati Saiful Ilah 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Setelah kosong sejak tujuh bulan lalu, akhirnya Bupati Sidoarjo Saiful Ilah akan melakukan seleksi perekrutan direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo (DTS), Jumat (2/12/2016).

Saiful mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengisi jabatan direksi BUMD yang saat ini dipegang sementara (Pjs) oleh wakilnya, Nur Ahmad Syaifuddin.

"Mungkin bisa ditunjuk langsung atau melalui seleksi seperti yang dilakukan sebelumnya. Yang jelas, sebelum akhir tahun harus sudah ada direksi," kata Saiful.

Meski penentuan direksi PDAM merupakan hak preogratif bupati, Saiful mengaku lebih condong ke perekrutan melalui fit and propertest. Dengan demikian, nantinya yang bakal menduduki jajaran direksi orang yang benar-benar mampu dibidangnya.

"Saya akan minta Sekda yang baru menjabat (Djoko Sartono), untuk segera membentuk panpel pembentukan direksi PDAM DTS," sambungnya.

Sekda Sidoarjo Djoko Sartono menambahkan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera membentuk panpel.

"Minggu depan kami upayakan sudah terbentuk, dan akan dilanjutkan dengan fit and proper tes," tandas Djoko.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo, Isa Hasanudin, menuturkan pihaknya lebih setuju jika direksi PDAM berasal dari profesional dan benar-benar lulus fit and propertest.

Politisi PKB ini menjelaskan, dengan fit and propertest akan memudahkan bupati dalam menunjuk direksi.

"Artinya, nama-nama yang disodorkan ke bupati benar-benar melalui uji kompetensi di bidangnya. Kami harap secepatnya," tukas Isa.

PDAM Delta Tirta diterpa kasus dugaan penyelewengan proyek pipanisasi Rp 8,2 miliar tahun 2015.

Dari empat direksi, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo telah menetapkan Direktur Utama Sugeng Mudjiadi sebagai tersangka.

Sedangkan tiga direksi lainnya diberhentikan Bupati karena dinilai kinerjanya tidak memuaskan.

Kemudian bupati menunjuk Pjs direksi pada Mei. Dalam SK pengangkatan Pjs, Saiful menunjuk empat orang sebagai Pjs Direksi PDAM Delta Tirta.

Yakni, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin sebagai Pjs Direktur Utama, Abdul Basid Lao sebagai Pjs Direktur Administrasi dan Keuangan, Heru Firdaus sebagai Pjs Direktur Pelayanan dan Bambang Ribut Sugiatmono sebagai Pjs Direktur Operasional.

Ikuti kami di
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help