Berita Kampus Surabaya

Mahasiswi Cantik Ini Kenalkan Sejarah Lewat Karya 2D

"Ini tugas tim, karena temanya Surabaya kami mengambil salah satu icon yaitu Hotel Majapahit 1911. Selain membuat desain 3D, kani juga diminta dosen p

Mahasiswi Cantik Ini Kenalkan Sejarah Lewat Karya 2D
surya/Habiburahman
TYPOGRAM SURABAYA - Beraneka bentuk tulisan (Typogram) Surabaya dipamerkan di gedung P UK Petra Surabaya, Jumat (2/12/2016). 25 karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) yang dikerjakan secara berkelompok ini sebagai bentuk sumbang ide kreatif yang bisa diaplikasikan di beberap sudut kota Surabaya agar tidak monoton, 

 SURYA.co.id | SURABAYA - Yesica Suyanti, mahasiswa Semester 1 Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra Surabaya tampak sibuk menata karyanya bersama beberapa teman, di acara Surabaya Environmental Graphic Exhibistion, Jumat (2/12/2016).

Karya typogram Yesica dan tim, berjejer rapi dengan 44 karya kelompok lain. Perempuan berkacamata ini menuturkan hasil karya typogram ini merupakan hasil tugas mata kuliah Tipografi 1 dan Dasar Desain.

"Ini tugas tim, karena temanya Surabaya kami mengambil salah satu icon yaitu Hotel Majapahit 1911. Selain membuat desain 3D, kani juga diminta dosen pembimbing untuk membuat karya 2D, yaitu memotret hasil karya kami di depan bangunan asli. Berikut penjelasannya di album ini," katanya sambil menunjukkan buku album,mengenai sejarah dan interior bekas Hotel Yamato inikepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Puluha karya 3D bertuliskan Surabaya ini terbuat dari berbagai macam bahan. Di antaranya ada yang menggunakan kertas, kain, kulit kayu, tali rami, pipa, selang, kardus bekas, acrylic, bulu ayam, kawat dan kabel.

Obed Bima Wicandra, Sekertaris Program Studi DKV UK Petra Surabaya menuturkan pameran ini sengaja digelar untuk meningkatkan semangat mahasiswa DKV, dalam membuat typogram supaya lebih menarik lagi.

"Sebelumnya kita sudah lihat ada typogram bertuliskan "Surabaya" di pintu masuk Surabaya (depan Mal City of Tommorow). Ternyata typogram itu tidak begitu-begitu saja, bisa dengan bahan dan kreasi lainnya. Ini juga karena semangat mahasiswa mengeksplor huruf dari observasi lingkungan sekitar mereka," terangnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Dari kreasi ini harapan besar mahasiswa bisa menggambar huruf secara baik dengan mengaplikasikan keahlian dasar desain. Sekaligus mengenalkan kota Surabaya kepada masyarakat luas. Sebab di dalamnya menyangkut pengaturan komposisi garis dan estetika, juga bentuk dan warna yang harmonis.

"Untuk itu mahasiswa kami minta mengupload hasil karya mereka dengan latar belakang, sesuai tema yang diangkat sebagai pendekatan visual karya di media sosial seperti Facebook (FB) dan Instagram (IG). Supaya bisa mempromosikan Surabaya secara tidak langsung," tambah Nala Damayanti, salah satu dosen pengampu mata kuliah. Tipografi 1 dan Desain Dasar.

Selain puluhan desain kata Surabaya dalam 3D, ada juga pameran 30 karya kain sibori warna -warni hasil tugas mata Desain Dasar 1 dan Material Scintice untuk textile.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Ikuti kami di
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Yoni
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help