Berita Mojokerto

Gawat. . . Puluhan Pelajar di Kota Mojokerto Mengidap HIV/AIDS, Gara-garanya Ini

BAHAYA HIV/AIDS. "Tak hanya PSK dan ibu rumah tangga, virus HIV di Kota Mojokerto juga mulai merebak di kalangan remaja"

Gawat. . . Puluhan Pelajar di Kota Mojokerto Mengidap HIV/AIDS, Gara-garanya Ini
surya/sudharma adi
Tes darah HIV yang dilakukan petugas dinkes di sela-sela seminar lokal 'Mari Mengubah Masa Depan Dengan Gemilang Tanpa Penularan HIV' di Pendopo Pemkot Mojokerto, Kamis (1/12/2016). 

SURYA.co.id I MOJOKERTO - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Mojokerto dua tahun terakhir terus meningkat.

Data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto, hingga akhir November 2016, jumlah penderita HIV di Kota Mojokerto mencapai 206 kasus.

Kepala Dinkes Kota Mojokerto, Christina Indah Wahyu menjelaskan, dari 206 kasus itu, yang ditemukan tahun 2015 ada 79 kasus. .

"Sedangkan tahun ini kasus yang ditemukan ada 127 kasus," terangnya kepada wartawan, usai membuka seminar lokal 'Mari Mengubah Masa Depan Dengan Gemilang Tanpa Penularan HIV' di Pendopo Pemkot Mojokerto, Kamis (1/12/2016).

Dari jumlah itu mayoritas yang terjangkit virus mematikan itu adalah mereka yang sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK).

Namun, ada juga sebagian besar di antaranya adalah ibu rumah tangga, dengan rata-rata masih berusia produktif atau 25 hingga 49 tahun.

"Tak hanya PSK dan ibu rumah tangga, virus HIV di Kota Mojokerto juga mulai merebak di kalangan remaja. Tahun ini, banyak ditemukan pelajar SMA yang terinfeksi virus itu. Tahun ini, persentase pelajar yang terjangkit virus ini naik mencapai 25 persen," paparnya.

Dia menilai, mulai tingginya jumlah pelajar yang mengidap virus HIV tak lepas dari perilaku seksual yang dilakukan para remaja. Mereka tak segan-segan menjajakan diri hanya untuk memenuhi gaya hidup mewah.

"Itu juga ditambah menjamurnya kos-kosan di wilayah Kota Mojokerto, sehingga pergaulan bebas menjangkiti mereka," pungkasnya.

Sementara itu, dalam seminar yang dihadiri beberapa elemen, termasuk TNI dan PNS, petugas dinkes melakukan tes darah gratis untuk tes virus HIV dalam darah.

Dari 23 anggota TNI dan lima PNS yang dites, mereka semuanya negatif menderita HIV.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help