BPJS Ketenagakerjaan

Ratusan Perusahaan di Surabaya Abaikan BPJS Ketenagakerjaan, Tunggu Akibatnya!

HANYA 22 dari 220 PERUSAHAAN HADIRI SOSIALISASI BPJS KETENAGAKERJAAN. Jaksa dan BPJS siapkan tindakan berikut ini.

Ratusan Perusahaan di Surabaya Abaikan BPJS Ketenagakerjaan, Tunggu Akibatnya!
kompas/abdullah fikri ashri
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selama dua hari terakhir, Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) Cabang Rungkut, Surabaya melakukan sosialisasi terhadap ratusan perusahaan yang belum mendaftarkan kepesertaan pegawai atau karyawannya.

Sosialisasi itu diikuti penindakan, dengan menggandeng jaksa pengacara negara dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya.

Hasilnya, selama dua hari sosialisasi dari 100 perusahaan yang diundang di kantor Kejari Surabaya, Sukomanunggal hanya datang 20 perwakilan perusahaan pada Selasa (29/11/2016).

Sementara Rabu (30/11/2016), dari 120 perusahaan yang diundang, hanya dua orang yang datang.

Artinya, dari total 220 perusahaan hanya 22 perusahaan yang mengirimkan wakilnya. 

berita surabaya BPJS Ketenagakerjaan jatim
SEPI - Sosialiasi sekaligus penandatangan surat pernyataan untuk segera melakukan pendaftaran kepesertaan dari ratusan perusahaan yang sudah mendapat SP yang digelar BPJS Ketenagakerjaan di aula Disnaker Kota Surabaya, Rabu (30/11/2016), hanya dihadiri dua perwakilan.

Sambil menunggu perusahaan yang diundang, Kepala BPJS TK Cabang Surabaya Rungkut, Arbi Harum, mengakui bila masih banyak perusahaan yang belum memahami kewajiban mengikutsertakan pekerjanya dalam BPJS TK.

"Aturannya wajib. Kami juga sudah melakukan kerjasama dengan Kejari, ada penindakan bagi yang belum mendaftarkan pekerjanya," jelas Arbi, di aula kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya.

Ratusan perusahaan yang belum mengikutkan pekerjanya dalam BPJS TK itu, juga telah mendapatkan surat peringatan (SP) I, dan SP II.

Pemanggilan di kantor Kejari dan Disnaker ini merupakan tindak lanjut SP III sekaligus penandatangan surat kesepakatan untuk mendaftarkan pekerjaan ke BPJS TK maksimal tujuh hari setelah pertemuan sosialisasi.

"Seperti yang hadir di Kejari Surabaya pada Selasa kemarin, yang datang langsung tandatangan surat pernyataan, selanjutnya hingga tujuh hari kedepan, kami tinggal lakukan pengecekan bersama Kejari," lanjut Arbi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yuli
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help