Press Release

Indra dan Sugihenti Sepakat Perlunya Cara Bijak Berkendara untuk Capai Eco Driving

ECO DRIVING. Katanya, cara mengemudi untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan sangat berperan dalam mengurangi risiko kecelakaan.

Indra dan Sugihenti Sepakat Perlunya Cara Bijak Berkendara untuk Capai Eco Driving
nissan
Salah satu kegiatan edukasi Eco Driving oleh mobil123.com dengan Nissan Motor Indonesia pada 10 November 2016 lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kolaborasi antara mobil123.com dengan Nissan Motor Indonesia menghasilkan kesepakatan untuk membagi informasi seputar pertumbuhan kendaraan bermotor dan beberapa kategori skill mengemudi kepada masyakarat. Terutama mengangkat skill mengemudi secara bijak melalui Eco Driving bertema “Eco Driving, Mau Gak Tekor? Ini Caranya”.

"Eco Driving adalah cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan sangat berperan dalam mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya," kata Sugihenti, perwakilan dari Nissan College, Nissan Training Center.

Eco Driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan dimana salah satu penyumbang pemanasan global adalah penyerapan gas CO2 (efek rumah kaca) dan sektor transportasi menempati posisi ke-3 penyumbang emisi karbon terbesar.

Dari sisi keterampilan pengemudi, terdapat 3 aspek dari keterampilan mengemudi yang diketahui yaitu, pertama, Defensive Driving: mengemudi untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang.

Kedua, Safety Driving: mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan serta waspada terhadap segala resiko yang terjadi. Dan ketiga, Eco Driving: mengemudi untuk menghemat waktu, biaya dan ramah lingkungan.

Eco Driving menjadi pilihan yang paling baik dari 3 kategori skill mengemudi tersebut karena mengkombinasikan antara teknik mengemudi secara Safety Driving dengan psikologi dari Defensive Driving. Namun begitu Eco Driving juga membutuhkan persiapan sebelum berkendaraan dan kemampuan berkendara.

“Nissan Motor Indonesia sebagai salah satu perusahaan perakit dan distribusi mobil di Indonesia, kami berkeinginan untuk berkontribusi aktif dalam melakukan program sosialisasi dan program edukasi publik mengenai Eco Driving ini," lanjut Sugihenti.

Dengan pemahaman dan persiapan yang benar, bukan tak mungkin Eco Driving akan memberikan keuntungan menyeluruh baik bagi pengendara dari sisi keselamatan maupun efisiensi penggunaan bahan bakar maupun lingkungan sekitar.

Sementara pihak inisiator mobil123.com, Indra Prabowo, Managing Editor mobil123.com, mengatakan bahwa mobil123.com memiliki komitmen untuk memberikan wadah edukasi inspiratif bagi masyarakat otomotif Tanah Air dengan menggelar rangkaian kegiatan talkshow dan tatap  muka dengan berbagai kalangan termasuk blogger.

“Kami memang bergerilya ke beberapa kota di Indonesia. Setelah menghampiri kota Bandung, maka kali ini Surabaya menjadi destinasi dari kegiatan talkshow inspiratif yang mengusung topik-topik hangat yang berhubungan dengan otomotif sehingga semakin banyak masyarakat yang lebih mengerti seputar dunia otomotif," jelas Indra.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help