Berita Ekonomi Bisnis

Tiga Jam Diperbaiki, Jaringan Telkom dari Rungkut - Gresik akhirnya Kembali Normal

MESKI JARINGAN berhasil diperbaiki dan kembali normal, Telkom, kata Ivone minta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan tersebut.

Tiga Jam Diperbaiki, Jaringan Telkom dari Rungkut - Gresik akhirnya Kembali Normal
foto:istimewa
Petugas Telkom saat memperbaiki jaringan yang mengganggu telekomunikasi ke arah gateway Batam dari Rungkut, Surabaya, Jumat (25/11/2016. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Terjadinya gangguan telekomunikasi ke arah gateway Batam dari jaringan di Rungkut, Surabaya, Jumat (25/11/2016), langsung disikapi serius oleh Telkom.

Manager Sekdiv & Public Relations Telkom Indonesia Regional 5 Jatim, Bali, Nusra, Ivone Andayani, mengatakan, begitu muncul gangguan sekitar pukul 10.43 WIB, yang berdampak pada lambatnya traffik data komunikasi di wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara, serta membuat USeeTV mengalami freeze, petugas langsung bergerak untuk memperbaikinya.

"Penyebab putus diperkirakan pada jarak 42 kilometer dari arah Rungkut ke Gresik," ujarnya kepada Surya, Jumat (25/11/2016) malam.

Sambil menunggu proses perbaikan, untuk menanggulangi layanan, satu link back up milik Telkom ke arah gateway Batam, traffic-nya dialihkan ke route tersebut. Tujuannya, agar dampak gangguan tidak terlalu parah, dan pelanggan masih bisa melakukan komunikasi suara dan data.

"Dan alhamdulillah setelah tiga jam bekerja keras, jaringan akhirnya bisa diperbaiki dan normal kembali. Sudah solved. Padahal sebelumnya perbaikan diperkirakan butuh waktu lima jam," tegasnya.

Meski jaringan berhasil diperbaiki dan kembali normal, Telkom, kata Ivone minta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan tersebut, khususnya yang berada di wilayah Jatim, Bali dan Nusra.

Karena kejadian berlangsung siang hari. Saat traffic di satu jalur back up tersebut sedang padat-padatnya, atau peak hour traffic.

Ke depan, agar hal yang sama tak terulang, khususnya dalam mengantisipasi lonjakan traffic selama Natal dan Tahun Baru (Naru), Telkom telah mengantisipasi kebutuhan akses yang makin tinggi dengan melipatgandakan bandwidth ke arah gateway Batam dari yang semula 400 GBps (dua jalur) menjadi 800 GBps.

"Ini wujud komitmen kami untuk selalu memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia," tegas Ivone.

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help