Surya/

Berita Kampus Surabaya

Kenalkan Ciri-ciri Kanker Payudara Lewat Manekin, Ini Caranya

“Ngeri juga kalau sampai kena kanker payudaranya jadi gitu. Jadi mending diperiksakan sejak dini saja,”ungkapnyakepada Surya (TRIBUNnews.com Network),

Kenalkan Ciri-ciri Kanker Payudara Lewat Manekin, Ini Caranya
surya/ahmad zaimul haq
Manekin yang menggambarkan gejala kanker payudara dipamerkan di Plaza St Agustinus UKWMS, Senin (21/11/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kanker Payudara di Indonesia masih menjadi momok bagi para wanita.

Sayangnya masih jarang ditemukan remaja atau wanita yang melakukan pemeriksaan dini.

Untuk itu melalui tugas public relation, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Fikom UKWMS) mengadakan Breast Cancer Campaign Awareness di Plaza kampus Dinoyo mulai Senin hingga Kamis, (21-24/11/2016).

Kampanye Healthy Breast Happy Me ini memamerkan manekin manusia yang menggambarkan gejala kanker payudara sebagai ilustrasi, sehingga membantu para pengunjung untuk mengenali kondisi tubuh mereka dan memahami cara mendeteksi kanker payudara.

Lany Wahtu (19) mahasiswa Jurusan Manajemen Fakuktas Bisnis mengungkapkan dirinya Ckup ngeri melihat manekin tersebut. Di sela jam kuliahnya, wanita ini menyempatkan melihat kelima manekin yang telah di permak.

“Ngeri juga kalau sampai kena kanker payudaranya jadi gitu. Jadi mending diperiksakan sejak dini saja,”ungkapnyakepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Senin (21/11/2016).

Veronica Amelia, Ketua Panitia acara mengungkapkan Data Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015 mencatat ada 347.792 ribu penderita kanker payudara di Indonesia.

Untuk menarik minat remaja akan pentingnya deteksi dini ini, mereka akhirnya membuat manekin yang menunjukkan kondisi fisik payudara setelah terkena kanker.

“Kami membuat manekin ini dari bahan koran bekas, kemudian kami buat nampak seperti payudara asli dengan berbagai ciri kanker,” jelasnya.

Lima manekin ini terdiri dari bagian leher hingga pinggang. Pada bagian payudara ditutup oleh bra yang telah dihias dengan berbagai manik-manik.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help