Berita Surabaya

Besok Ribuan Buruh Surabaya Raya Demo Lagi, Tuntut Upah Rp 3,6 Juta

Hingga sore, mereka akan berunjuk rasa menolak penetapan UMK Jatim 2017 yang sudah diteken Gubernur Jatim Soekarwo.

Besok Ribuan Buruh Surabaya Raya Demo Lagi, Tuntut Upah Rp 3,6 Juta
surya/fatkhul alami
Buruh dari berbagai kota/kabupaten Jatim menggelar unjuk rasa di depan kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya, Selasa (1/11/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kaum buruh dari wilayah Surabaya dan sekitarnya dijadwalkan turun jalan mendemo Gubernur Jatim, Senin (21/11/2016).

Mereka akan melumpuhkan Gedung Negara Grahadi di Surabaya.

Para buruh dari daerah ring utama itu akan mulai bergerak Senin pagi. Hingga sore, mereka akan berunjuk rasa menolak penetapan UMK Jatim 2017 yang sudah diteken Gubernur Jatim Soekarwo.

"Kami akan berdemo ke Grahadi, DPRD Provinsi dan kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan," kata koordinator aksi Gerakan Aksi Tolak Upah Murah (GASTUM) Jatim, Jazuli, Minggu (20/11/2016).

Ribuan buruh dari ring 1, meliputi Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, dan Mojokerto akan turun ke jalan. Mereka menolak besaran UMK yang ditetapkan Gubernur Jatim rata-rata di angka Rp 3,2 juta.

Nurudin Hidayat, buruh yang lain menuturkan bahwa mereka akan mulai bergerak sekitar pukul 08.00 menuju Grahadi. 

"Sebagian besar buruh dari  Surabaya diangkut dengan puluhan bus. Selebihnya konvoi naik motor," kata Nurudin. 

Sedikitnya 10.000 buruh bakal turun jalan, ruas jalan di Grahadi dan Jalan Pahlawan akan dipenuhi pendemo. Jalan-jalan itu besok bakal macet total. 

Massa yang tergabung dalam Gerakan Aksi Tolak Upah Murah (GASTUM) itu 20 serikat buruh ini akan berkumpul di Bundaran Waru dan tempat lain. Massa akan bergerak serentak.

Titik kumpul ada di masing-masing kawasan Industri.  Buruh mulai bergerak jam 08.00 pagi menuju Surabaya menggunakan ratusan bus dan ribuan motor.

Tuntutan aksi demonstrasi kali ini menuntut Gubernur Jawa Timur agar segera merevisi Pergub Jatim No. 121/2016 tentang UMK di Jawa Timur Tahun 2017.

Dalam Pergub tersebut UMK daerah ring 1 rata-rata sebesar Rp. 3,2 juta.

Massa akan mendesak merevisi besaran UMK dari Rp 3,2 juta menjadi Rp 3,6 juta. Aksi besok dipimpin Koordinator GASTUM Jati. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help