Surya/

Berita Pamekasan Madura

Diserbu Batik Printing, Batik Tulis Pamekasan Terseok-seok, Ini Akibatnya

“Jika kami disuruh bersaing mengenai kualitasnya, batik Pamekasan masih mampu dan tidak akan kalah. Tapi kalau dari segi pemasaran kami akui, karena

Diserbu Batik Printing, Batik Tulis Pamekasan Terseok-seok, Ini Akibatnya
antara/saiful bahri
Seorang pengrajin menyelesaikan proses pembuatan batik di Desa Badung, Kabupaten Pamekasan. 

SURYA.co.id | PAMEKASAN – Menjamurnya batik printing yang beredar di pasaran, berdampak pada kurangnya perkembangan batik tulis lokal Madura, khususnya batik tulis Pamekasan.

Selain harga batik printing lebih murah dan terjangkau bagi kalangan masyarakat ekonomi bawah disamping itu pemasaran batik printing lebih cepat.

Sehingga dalam hal pemasaran dan harganya, batik tulis lokal kalah. Kondisi ini membuat perkembangan batik tulis lokal terseok-seok.

Ketua Paguyupan Batik Tulis Kecamatan Palenggan, Pamekasan, Ali, Kamis (17/11/2016) mengatakan, selama ini perajin batik tulis Pamekasan kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya, terutama ke luar Madura.

Kendalanya, membanjirnya batik printing menjadi faktor penghambat lancarnya pemasaran, sehingga selama ini untuk pemasaran batik Pamekasan cukup dilempar ke pasaran di Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Sumenep dan sebagian ke luar Madura.

Menurut Ali, harga batik printing yang banyak ditemui di pasar tradisional harganya beragam. Dari Rp 25.000 hingga Rp 70.000 per lembar.

Sementara untuk batik Pamekasan, harga terendah Rp 50.000 dan harga standar Rp 150.000 per lembar.

“Jika kami disuruh bersaing mengenai kualitasnya, batik Pamekasan masih mampu dan tidak akan kalah. Tapi kalau dari segi pemasaran kami akui, karena harga batik printing lebih murah,” ungkap Ali kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Dikatakan, untuk mengatasi kondisi ini, yang dibutuhkan perajin dan pengusaha batik adalah uluran tangan pemerintah, untuk mempromosikan batik Pamekasan dan mencarikan pasar yang tepat, agar ke depan batik Pamekasan lebih mampu bersaing.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Muchsin
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help