Berita Gresik

Dinkes Gresik Gelar Lomba 'Ibu Hamil Sehat' ternyata ini Tujuannya

"Lomba ibu hamil sehat ini untuk memberikan semangat kepada ibu-ibu hamil agar semangat menjaga kandungan."

Dinkes Gresik Gelar Lomba 'Ibu Hamil Sehat' ternyata ini Tujuannya
surya/sugiyono
IBU HAMIL - Peserta lomba Ibu Hamil Sehat sedang berfoto bersama sebelum menjalani kompetisi tentang kesehatan kehamilannya di Rumah sakit Petrokimia Gresik, Senin (7/11/2016). 

SURYA. co.id | GRESIK - Ibu-ibu hamil diajak lomba ibu hamil sehat untuk memberi semangat agar menjaga kandungan dan melahirkan dengan sehat. Diharapkan anak yang dilahirkan juga sehat.

"Lomba ibu hamil sehat ini untuk memberikan semangat kepada ibu-ibu hamil agar semangat menjaga kandungan dengan memeriksakan kesehatan, konsumsi makanan yang sehat bagi anak dan kandungan. Sehingga bayi yang dilahirkan juga sehat. Kalau bayi sehat maka generasi emas Indonesia juga baik," kata dr Umi Khoriyah, Kasi Kesehatan Ibu anak dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik.

Umi menyatakan hal itu saat membuka acara di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG), Jl Ahmad Yani, Senin (7/11/2016).

Untuk mengikuti lomba, ibu hamil harus mengetahui pengetahuan dasar. Mulai cara perawatan kesehatan kandungan, menu makanan sehat sehari-hari, kontrol secara teratur dan rencana penggunaan keluarga berencana (KB) setelah melahirkan.

"Memasyaratkan kehamilan yang sehat kepada masyarajat sehingga bisa mengurangi angka kehamilan ibu dan bayi. Peserta lomba harus mengetahui dasar-dasar bagaimana ibu paham tentang pengetahuan kehamilannya, mengetahui informasi sebelum lahir, sampai rencana KB-nya, cara merawat bayi, cara menyusui. Jangan sampai sampai sejak lahir tidak mengetahui cara merawat kandungannya," imbuhnya.

Dalam kehamilan juga diperlukan peran serta suami untuk membantu menjaga kesehatan istrinya.
"Peserta lomba juga melibatkan suami untuk mendampingi sehingga ikut peduli kelahiran bayinya," katanya.

Selama ini di Kabupaten Gresik angka kematian ibu hamil pada 2015 masih mencapai 19 orang dan angka bayi meninggal dunia ada 73 anak. Sadangkan untuk 2016 angka kematian ibu hamil ada 16 orang dan angka bayi meninggal dunia ada 63 anak.

"Saya berharap sampai akhir tahun ini tidak ada peningkatan. Dikawatirkan saat musim libur akhir tahun banyak orang hamil. Sehingga kita terus mengingatkan kepada petugas Puskesmas agar selalu memberikan arahan kepada ibu-ibu hamil untuk meningkatkan kesehatannya," katanya.

Direktur RS Petrokimia Gresik dr Ahdian Saptavani mengatakan bahwa, dukungan rumah sakit untuk melayani kesehatan ibu hamil sangat penting.

"Peranan dokter untuk membantu kelancaran kelahiran dan merawat kesehatan kandungan juga penting. Di RSPG ini sampai membuat program pro ASI. Jadi, sebisa mungkin memberikan ASI pada bayi," kata dr Ahdian Saptavani.

Dari kegiatan lomba ibu hamil sehat tersebut sangat dirasakan oleh peserta lomba.

"Dengan adanya lomba ini menjadi semangat untuk mengetahui keperluan ibu hamil. Tahu cara merawat kandungan, tahu jenis-jenis makanan yang sehat bagi ibu dan bayi. Baru hamil anak pertama ini," kata Elis (24), perwakilan ibu hamil dari Puskesmas Duduksampeyan.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help