Surya/

Kuliner Surabaya

Nasi Kecombrong Menu Spesial Racikan Chef Hotel Santika Pandegiling  

“Rempah-rempah seperti lengkuas, pala, bawang putih, dan bawang merah dirajang halus lalu ditumis,” papar Chef Ervin.

Nasi Kecombrong Menu Spesial Racikan Chef Hotel Santika Pandegiling   
surya/ahmad pramudito
Nasi Kecombrang hasil racikan Chef Ervin Triana Hotel Santika Pandegiling Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tamu hotel tampaknya sudah bosan dengan menu-menu ‘asing’. Saat jauh dari rumah, mereka masih ingin merasakan makanan yang biasa mereka santap ketika di rumah.

 Karena banyaknya permintaan itu lah, maka juru masak Hotel Santika Pandegiling mencoba menghadirkan beragam ‘menu omahan’. Salah satu yang spesial hasil racikan Chef Ervin Triana adalah Nasi Kecombrang.

 Menu kecombrang ini sebetulnya diadaptasi dari masakan yang banyak terdapat di Jawa Tengah. Bahannya adalah bunga kecombrang yang ternyata banyak manfaatnya buat kesehatan.  

 Tanaman herbal seperti buah mengkudu ini bisa memberi efek positif bagi tubuh. Diantaranya adalah menurunkan tekanan darah, menguatkan tulang gigi, hilangkan dehidrasi, dan menghilangkan gejala sakit jantung.

 Cara meramunya adalah dengan mengolah rempah-rempahan lengkap ditumis bersama bunga kecombrang.

 “Rempah-rempah seperti lengkuas, pala, bawang putih, dan bawang merah dirajang halus lalu ditumis,” papar Chef Ervin.

 Berikutnya adalah membua sate lilit dari olahan ikan kakap, kelapa parut, bumbu kuning, dan rempah-rempah. Sate lilit ini disajikan bersama sambal matah kecombrang.

 “Jadi menu ini perpaduan dua budaya, sambal matahnya dari Bali, plus kecombrang dari Jateng,” ucap Chef Ervin.

 Untuk racikan sambal matah kecombrang ini bahannya adalah rajangan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, jeruk limau, plus minyak, dan terasi. Sambal spesial ini lalu disiramkan ke olahan sate lilit tadi.

 Selain Nasi Kecombrang, menu omahan kreasi Chef Ervin adalah Tumis Daun Pakis, Bobor Selada Air, dan Tumis Daun Singkong. Selain menu makanan berat, ada pilihan cemilan berupa jajan pasar, yaitu klanting, klepon, mata roda, dan jagung bledung.

 “Menu seperti ini memang pas di lidah. Nggak perlu penyesuaian lagi karena sudah akrab dengan makanan di rumah,” kata Anton, salah seorang tamu saat santap di Kemangi Restoran Hotel Santika Pandegiling.

Buffet Dinner Omahan ini bisa dinikmati hanya dengan harga istimewa Rp 95.000--net. Aneka pilihan menu makanan plus minuman seperti Es Cincau, Es Serut Melon, Es Serut Timun ini bisa disantap mulai pukul 18.00-22.00.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help