Berita Surabaya

Puluhan Ibu Muda Belajar Buat Makanan Pendamping ASI, begini Hasilnya

Delfina (26), ibu yang baru memiliki 1 anak usia 5 bulan ini turut mengikuti kelas EdukASI dalam mempersiapkan MPASI untuk anak.

Puluhan Ibu Muda Belajar Buat Makanan Pendamping ASI, begini Hasilnya
surya/sulvi sofiana
Ibu-ibu muda saat melihat contoh komposisi makanan dan tekstur MPASI dalam kelas EdukASI di RS Unair, Minggu (23/10/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Makanan pendamping ASI atau disebut MPASI bisa diberikan setelah bayi menginjak usia 6 bulan. Untuk menyiapkan MPASI harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati, terlebih terkait kandungan gizi dan juga teksturnya.

Untuk itu, ibu-ibu muda yang baru memikiki bayi pertama kali mengikuti pelatihan EduASI untik makanan pendamping ASI.

Delfina (26), ibu yang baru memiliki 1 anak usia 5 bulan ini turut mengikuti kelas EdukASI dalam mempersiapkan MPASI untuk anak.

“Inginnya menyiapkan MPASI sendiri biar bisa ngasih yang terbaik buat anak. Baru tahu juga kalau MPASI yang berupa tepung sebaiknya dihindari karena kalorinya berbeda dan indeks glikemiksnya,”tuturnya dalam kegiatan yang dilaksanakan di RS Universitas Airlangga, Minggu (23/10/2016).

Sedang Cendradini (34) juga menyempatkan diri mengikuti kegiatan yang diadakan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jatim. Sebab, tumbuh kembang 3 anaknya saat memulai MPASI tidak ia dampingi dan sekarang anak-anaknya kesulitan dalam mencerna daging ayam.

“Saya ingin tahu penyebabnya, sekalian mau ngurus sendiri MPASI anak ke-4 saya yang masih usia 5 bulan,”ujarnya.

Sekitar 50 orang tua hadir mengikuti penjelasan terkait info terbaru pemberian MPASI, mereka juga mempraktikkan pembuatan MPASI untuk anak di berbagai usia.

Diah Hernani, ketua AIMI Jatim menjelaskan maraknya makanani instan pendamping menjadi sorotan untuk mengadakan kelas EdukASI terkait MPASI.

Dikatakannya MPASI mudah dilakukan bagibibu yang juga wanita karir, hanya saja perlu menerapkan prinsip jumlah,frekuensi tekstur, variasi,keaktifan dan respon anak serta kebersihan makanan.

Ia menyebutkan sejumlah ciri bayi diatas 6 bulan telah siap dengan MPASI. Diantaranya bayi mulai bisa meraih makanan dan memasukkan ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut, serta tangannya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help