Opini

Opini : Game Online dan Remaja

game online yang cenderung membutuhkan waktu berjam-jam akan menimbulkan pengaruh dari segi kesehatan seperti insomnia, sakit kepala dan gangguan...

Opini : Game Online dan Remaja
digitaltrends.com
Ilustrasi game online 

SURYA Online - Teknologi informasi yang sangat berkembang saat ini membawa perubahan dan memberi pengaruh terhadap kehidupan sosial.

Internet yang merupakan salah satu bentuk kecanggihan dari teknologi informasi, telah memberikan kemudahan untuk mengakses segala sesuatu yang bersifat informatif dan komunikatif, bagi siapapun, kapanpun dan di manapun.

Pinar Kirci dalam penelitiannya yang berjudul “Effects of computer and internet utilization over young people in world and Turkey: Considered with education and health applications”, menyampaikan bahwa remaja merupakan pengguna internet yang paling besar karena mereka lebih mudah dan tertarik terhadap kemajuan teknologi yang ada.

Hal itu terlihat dari beberapa penelitian di sejumlah negara di Eropa dan Asia, misalnya Turki, Jerman, China dan Thailand. Penelitian itu mengungkapkan bahwa bahwa penikmat game online sebagian besar adalah remaja sekolah.

Game Online adalah sebuah permainan berbasis elektronik dan visual yang memanfaatkan teknologi media visual elektronik dan dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).

Berbeda dengan permainan tradisional yang cenderung mengandalkan kekuatan otot-otot tubuh, game online lebih banyak menggunakan kemampuan otak dalam berpikir dan kelincahan jari-jemari tangan dalam menekan tombol-tombol pada stik pengatur.

Bagi anak-anak kebanyakan, memainkan game online sangatlah menyenangkan karena mereka tidak perlu lagi beranjak dari tempat duduk, tidak merasa capek, berkeringat, atau khawatir terluka. Dengan bermain game online, mereka juga bisa merasakan sensasi dunia yang berbeda.

Sumalee Chanchalor and Sineenart Konsue dalam penelitiannya “Health Effects of Playing Online Game: Vocational and Technical Students in Thailand” menjelaskan, bermain game online yang cenderung membutuhkan waktu berjam-jam akan menimbulkan pengaruh dari segi kesehatan seperti insomnia, sakit kepala dan gangguan pada tulang-tulang karena sedikitnya gerak tubuh yang dilakukan.

Tidak hanya itu, pengaruh game online karena bermain dalam kurun waktu yang sangat lama juga dapat mempengaruhi psikologis pemainnya dengan timbulnya emosi dan stress.

Dengan melihat dampak kesehatan dan psikologis yang ditimbulkan dikhawatirkan hal ini akan mudah mempengaruhi tingkat belajar dan tumbuh kembang remaja saat ini.

Di Indonesia, perkembangan game online menjadi sangat pesat seiring munculnya game center yang menawarkan beragam permainan dengan harga terjangkau yang mudah diakses oleh anak-anak sekolah atau remaja.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help