Surya/

Berita Jombang

Sambut Tahun Baru Hijriyah Ala Ponpes Darul Ulum Jombang, Ini Isinya

“Kami laksanakan full day school selama empat hari dalam seminggu. Yakni Senin hingga Kamis,” kata KH Musta’in Hasan kepada Surya (TRIBUNnews.com Netw

Sambut Tahun Baru Hijriyah Ala Ponpes Darul Ulum Jombang, Ini Isinya
surya/sutono
Para santri dan pelajar dalam lingkup Ponpes Darul Ulum Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang melaksanakan lomba rias wajah dengan mata tertutup, dalam rangkaian perayaan tahun baru Hijriyah 

SURYA.co.id | JOMBANG - Beragam kegiatan digelar Pondok Pesantren Darul Ulum Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang, Jombang, guna menyambut tahun baru Hijriyah, 1 Muharam 1438, yang jatuh pada Minggu (2/10/2016).

Kegiatan berlangsung dua hari, Sabtu-Minggu (1-2/10/2016).

Aneka kegiatan tersebut, mulai yang bersifat menghibur, kemudian pendidikan mental memupuk rasa cinta tanah air, sampai kepada upaya mengurangi bala, musibah dan malapetaka melalui doa.

Bentuk kongkretnya, untuk yang bersifat menghibur, antara lain berupa pawai ta'aruf dan jalan sehat dirangkai pembagian hadiah (‘door prize’), serta lomba rias wajah dengan mata tertutup oleh para siswi.

Kemudian untuk pendidikan mental guna meningkatkan rasa cinta tanah air, berupa kegiatan upacara bendera dan kemah. Sedangkan upaya mengurangi bala dan musibah, diwujudkan dengan gelar salat tolak bala.

Tak urung, suasana Ponpes Darul Ulum yang berada di Dusun Doko, Desa Kepuhdoko, sekitar 20 kilometer arah utara Kota Jombang tersebut berbeda dari hari-hari biasa. Lebih-lebih, saat jalan sehat, secara langsung diberangkatkan oleh Wabup Jombang Hj Mundjidah Wahab.

Ratusan siswa pun antusias mengikuti taaruf dan jalan sehat keliling desa. Usai finis, mereka dihibur kemeriahan lomba merias wajah dengan mata tertutup.

Beberapa kali para pelajar tertawa lepas manakala peserta lomba melakukan kesalahan. Memoleskan ‘lipstick’, misalnya, banyak yang tidak tepat ke bibir, melainkan nyasar ke gigi. Yang dirias tentu saja marah-marah, sementara penonton tertawa-tawa.

Pengasuh Ponpes Darul Ulum, Kepuhdoko, KH Musta'in Hasan mengatakan, perayaan tahun baru Hijriyah dilakukan rutin setiap tahun. Menurut KH Musta'in Hasan, ini sangat penting karena katanya, dalam bulan Muharam banyak peristiwa kenabian.

"Misalnya peristiwa Nabi Yunus keluar dari perut ikan, nabi Nuh turun dari perahu pascabanjir, dan Allah mengangkat nabi Isa ke langit. Pada Muharam ini seharusnya kita lebih mendekat kepada Allah. Itu pula sebab kami juga salat tolak bala," ujar KH Musta'in Hasan.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help