Pilwali Batu

Bawaslu Ingatkan Dewanti Rumpoko Harus Tinggalkan Rumah Dinas Wali Kota Batu

"Jadi untuk cuti paslon incumbent itu harus dilaksanakan, bila ada pelanggaran maka KPU sesuai aturan bisa mencoret pencalonannya," kata Eko Sasmito.

Bawaslu Ingatkan Dewanti Rumpoko Harus Tinggalkan Rumah Dinas Wali Kota Batu
ahmad amru muiz
ISTRI WALI KOTA JADI CALON WALI KOTA - Kompleks rumah dinas Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, sebagai fasilitas negara yang harus ditinggalkan isterinya, Dewanti Ruimpoko, bila sudah ditetapkan sebagai calon wali kota oleh KPU. 

SURYA.co.id | BATU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meminta Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota incumbent untuk tidak memakai fasilitas negara sejak penetapan KPU.

Termasuk isteri incumbent yang maju dalam Pilkada juga harus meninggalkan semua fasilitas negara yang melekat pada suaminya.

Anggota Bawaslu RI, Daniel Zuchron, mengatakan, dalam aturan Pilkada jelas disebutkan calon petahana beserta kerabat keluarga tidak diperkenankan menggunakan fasilitas negara setelah ditetapkan sebagai Paslon oleh KPU.

Dengan demikian isteri wali kota yang maju sebagai calon apabila sudah ditetapkan oleh KPU juga harus melepaskan semua fasilitas negara.

"Seperti Bu Dewanti, apabila sudah ditetapkan sebagai Paslon oleh KPU maka tidak boleh menggunakan fasilitas negara, termasuk rusah dinas Wali Kota juga harus ditinggalkan," kata Daniel Zuchron usai sosialisasi tatap muka dalam rangka pengawasan Pilkada serentak di Kota Batu, Selasa (20/9/2016).

Dewanti Rumpoko merupakan isteri Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

Demikian juga dengan calon Wakil Wali Kota incumbent, menurut Daniel, juga harus menanggalkan semua fasilitas negara yang digunakannya.

Mulai dari rumah dinas, mobil dinas, dan sebagainya. Bila calon incumbent tidak meninggalkan fasilitas negara atau melanggar aturan fasilitas negara maka bisa digugurkan pencalonannya.

"Aturannya cukup jelas sehingga tidak bisa ditawar dan harus dilaksanakan. Panwaslih harus mengawasi itu semuanya tanpa ada pengecualian," ucap Daniel Zuchron.

Hal sama disampaikan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito. Calon incumbent harus cuti ketika sudah ditetapkan oleh KPU sebagai paslon.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help