Berita Surabaya

Ermien Ketiban Rizki, Hanya Berbekal Kertas Semen Bekas

"Dibuat dompet, tempat handphone, tas, hingga kap lampu," ujarnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Selasa (13/9/2016).

Ermien Ketiban Rizki, Hanya  Berbekal Kertas Semen Bekas
surya/ Rizki Mahardi
Ermien saat menjahit tas daur ulang dari bahan kertas semen di rumahnya, Selasa (13/9/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kertas pembungkus semen selama ini sering dipandang remeh. Beberapa orang sering membuangnya ke tempat sampah atau membakarnya.

Kali ini Ermien Setyawati mengubahnya, warga Jalan Semolowaru Blok AF No 2 Surabaya ini menyulap kertas semen menjadi kerajinan yang menarik.

"Dibuat dompet, tempat handphone, tas, hingga kap lampu," ujarnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Selasa (13/9/2016).

Inspirasi membuat kerajinan kertas semen di daspatm kerika ia mengikuti seminar daur ulang di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur pada 2011 lalu.

Saat itu, Ermien sangat tertarik dengan cara mengolah
sampah kertas.

"Saat itu saya sempat bertanya-tanya, apa bisa kertas semen dijadikan bahan tas dan sebagaianya. Pasalnya kertas semen tersebut susah untuk dibentuk. Namun, setelah diberi arahan dan panduan, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuatnya. Dan meskipun sempat gagal berulang kali, namun tidak mematahkan semangat saya untuk mencobanya dan akhirnya berhasil juga," ungkapnya.

Menurutnya, pembuatan tas, dompet, dan beberapa kerajinan lainnya yang menggunakan ide dengan menggunakan daur ulang kertas semen masih tergolong unik.

"Apalagi pemerintah Surabaya kan selama ini mengkampanyekan bebas sampah, jadi klop," imbuhnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Tahap awal pengerjaannya adalah kertas semen dibersihkan, sebagian permukaan kertas diikat sesuai dengan pola. Lantas dicelup dalam bak berisi pewarna tekstil sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya kertas dijemur hingga kering. Kemudian, kertas disetrika, dipotong, dan dijahit sesuai dengan pola yang diinginkan.

Halaman
12
Penulis: Rizki Mahardi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved