Berita Malang Raya

Abdul Madjid - Kasmuri Idris Tak Lolos Sebagai Pasangan Calon Perseorangan di Pilkada Batu

penyelenggara Pilkada itu memberi waktu perbaikan kepada Abdul Madjid - Kasmuri Idris memperbaiki jumlah syarat dukungan 29 September-1 Oktober 2016.

Abdul Madjid - Kasmuri Idris Tak Lolos Sebagai Pasangan Calon Perseorangan di Pilkada Batu
sorotklaten.co

SURYA Online, BATU - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu menyatakan bakal pasangan calon dari jalur perseorangan, Abdul Madjid - Kasmuri Idris, tidak lolos sebagai pasangan calon untuk Pilkada Batu 2017.

Hal ini berdasarkan hasil penghitungan jumlah suara syarat dukungan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan di Kantor KPU Batu, Sabtu (10/9/2016).

Jumlah dukungan satu-satunya bakal pasangan calon dari jalur ini kurang dari syarat minimal untuk pencalonan dari jalur perseorangan.

Tetapi penyelenggara Pilkada itu memberi waktu kepada bakal pasangan calon Abdul Madjid - Kasmuri Idris memperbaiki jumlah syarat dukungan 29 September - 1 Oktober 2016.

Dalam rapat pleno rekapitulasi itu, KPU mencoret 7.311 suara syarat dukungan. Ketua KPU Batu Rochani mengatakan, semula pasangan itu menyerahkan syarat dukungan 21.954 suara.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi, dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 14.643 suara atau kurang 66 dari persyaratan bagi bakal calon perseorangan untuk bisa lolos sebagai calon, yakni 14.709 suara," ujar Rochani.

Hasil rekapitulasi ini sama dengan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Berdasarkan rincian suara sah tingkat kecamatan, adalah untuk Kecamatan Batu 6.558 dukungan sah, Bumiaji 3.833 suara dan Kecamatan Junrejo sebanyak 4.252. Totalnya 14.643 suara sah atau memenuhi syarat (MS). Lebih dari 7 ribu suara itu dicoret karena tidak memenuhi syarat (TMS).

Untuk perbaikan, nantinya Madjid - Kasmuri, minimal harus menyerahkan dua kali lipat suara dukungan dari jumlah kekurangan. Dukungan minimal sebanyak 132 suara harus diserahkan.

Namun pihak Madjid - Kasmuri mengatakan siap memperbaiki kekurangan jumlah dukungan itu.

Sebelumnya, Abdul Madjid mengatakan telah menyiapkan 4.000 suara dukungan untuk perbaikan. Karenanya, Madjid optimistis bisa lolos menjadi pasangan calon untuk Pilkada Batu 2017.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help