Berita Surabaya

Kobangdikal Kini jadi Kodiklatal, Apa Bedanya?

Peresmian lembaga pendidikan baru tapi lama itu melalui upacara militer yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ad

Kobangdikal Kini jadi Kodiklatal, Apa Bedanya?
nuraini faiq
KASAL Laksamana TNI Ade Supandi saat meresmikan Kodiklatal di Surabaya, Jumat (9/9/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) kini berubah bentuk menjadi Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan LatihanTNI Angkatan Laut (Kodiklatal). Lembaga pendidikan untuk pengembangan di lingkungan TNI AL baru itu disahkan, Jumat (9/9/2016).

Peresmian lembaga pendidikan baru tapi lama itu melalui upacara militer yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi. KASAL bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara peresmian Kodiklatal secara militer itu.

"Kami harus mengikuti tuntutan era yang mengharuskan kami berbenah. Termasuk Kobangdikal kita ubah menjadi Kodiklatal untuk menyesuaikan kebutuhan era kekinian ini," kata Ade.

Termasuk meningkatkan SDM personil prajurit dengan melek IT. Juga tak buta dengan tekonologi informasi.

Menurut Ade, persemaian Kodiklatal merupakan realisasi dari validasi organisasi TNI Angkatan Laut yang telah disetujui presiden berdasarkan Perpres Nomor 62 Tahun 2016.

Aturan itu tentang perubahan atas Perpres Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

"Kodiklatal sebagai Komando Utama Pembinaan dipimpin oleh Dankodiklatal yang berkedudukan langsung di bawah KASAL," kata Ade.

Kodiklatal memiliki peran penting dalam pembinaan doktrin dan organisasi, serta pembinaan pendidikan dan latihan. Validasi yang dilaksanakan mencakup restrukturisasi organisasi pada unsur pembantu pimpinan dan direktorat, serta peningkatan status kepangkatan guna mendorong peningkatan kinerja organisasi.

Menurutnya, berbagai doktrin yang dimiliki TNI Angkatan Laut harus menjadi lembaga yang dinamis mengikuti tuntutan era. Selain meresmikan Kodiklatal, KASAL Ade juga Meresmikan Staf Potensi Maritim (Spotmar) dan Dinas Operasi Dan Latihan TNI Angkatan Laut (Disopslatal). Juga dikukuhkan Aspotmar dan Kadisopslatal. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved