Berita Surabaya

Desain Unik, Praktis dan Kedap Air, Kantong Ramah Lingkungan Ini Ternyata Harganya Murah

“Ke depannya ingin sekali bisa memenuhi semua kebutuhan sustainable bag dengan kualitas bagus namun harga yang murah, supaya bisa mengurangi sampah"

Desain Unik, Praktis dan Kedap Air, Kantong Ramah Lingkungan Ini Ternyata Harganya Murah
surya/neneng uswatun hasanah
Christine (kiri) dan Selena (kanan) dan produk sustainable bag buatannya. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Program plastik berbayar yang dilaksanakan pemerintah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik menjadi inspirasi bagi Selena Clorinda, Christine, dan Zhelby Gabriel untuk membuat bisnis dengan produk sustainable bag.

Sustainable bag yang mereka buat berbahan kain parasut dan dapat dilipat menjadi sebesar genggaman tangan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Christine mengatakan, banyak alternatif tas belanja berupa tote bag dan sustainable bag yang dijual dengan harga tinggi di beberapa pusat perbelanjaan maupun toko.

Hal ini membuat masyarakat yang berbelanja, khususnya ibu-ibu masih tetap memilih untuk membeli kantong plastik dengan harga Rp 200 daripada membeli tas alternatif dengan harga diatas Rp 20 ribu.

Padahal, program plastik berbayar itu untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia. Jika pembeli masih tetap lebih memilih menggunakan kantong plastik maka keadaan tidak akan berubah.

“Kami kan tidak mau dikenal sebagai negara dengan penyumbang sampah plastik terbesar di dunia, maka anak muda harus mulai bergerak,” kata mahasiswi Universitas Ciputra Surabaya itu.

Sustainable Bag buatan mereka menggunakan bahan kain parasut yang biasa sebagai bahan jaket motor sehingga kedap air dan kuat.

Sangat cocok untuk pembeli, khususnya ibu-ibu dan anak kos yang biasa berbelanja kebutuhan bulanan yang terdiri dari bahan-bahan basah dan kering. “Sustainable Bag ini bisa dicuci atau dilap jika kotor, tidak gampang sobek, dan bisa membawa hingga 10 kg beban belanjaan,” jelas Selena.

Tas berukuran sekitar 14 inci itu dijual ke pasaran dengan harga Rp 12 ribu dan lebih terjangkau dari tote bag dan sustainable bag pada umumnya. Dengan desain lucu yang beragam, produk sustainable bag mereka dengan cepat terjual habis.

“Awalnya kami hanya membuat desain buah strawberry kemudian kami tambah dan sekarang ada beberapa desain dari mulai panda, kumbang, penguin, karakter angry bird, nemo, bebek, buaya, dan anjing. Tas desain Nemo yang paling cepat terjual habis,” kata Selena.

Meski dengan cepat menjual habis 50 buah sustainable bag sekali pemesanan, mereka bertiga masih belum siap untuk membuat tas dengan kuantitas lebih besar lagi.

Beberapa waktu yang lalu mereka mendapat pesanan dari kantor marketing kampus, namun dengan berat hati harus mereka tolak karena jumlah yang banyak sementara mereka masih harus kuliah.

“Ke depannya ingin sekali bisa memenuhi semua kebutuhan sustainable bag dengan kualitas bagus namun harga yang murah, supaya bisa mengurangi sampah plastik di Indonesia,” tutup Selena.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved