Berita Gresik

Kurangi Biaya Pengiriman Barang PT KAI Hidupkan Stasiun Indro, Gresik

“Sekarang ini masih uji coba. Ini ada 30 kontainer dibawa melintas di rel ini. Dijadwalkan 9 September besok akan diresmikan,” kata Wiwik Widayanti.

Kurangi Biaya Pengiriman Barang PT KAI Hidupkan Stasiun Indro, Gresik
surya/sugiyono
UJI COBA – Kereta Api logistik melintas di Stasiun Indro, Kecamatan Kebomas, Gresik, Kamis (1/9/2016). 

SURYA.co.id | GRESIK – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8 Surabaya, melakukan uji coba stasiun Indro, di Kelurahan Indro, Kecamatan Kebomas,Kamis (1/9/2016).

Untuk perbaikan stasiun tersebut menghabiskan anggaran Rp 300 juta sampai Rp 400 juta.

Dalam uji coba tersebut, dua buah kereta api membuat 30 kontainer dari Stasiun Kandangan, Tandes, Surabaya.

“Sekarang ini masih uji coba. Ini ada 30 kontainer dibawa melintas di rel ini. Dijadwalkan 9 September besok akan diresmikan,” kata Wiwik Widayanti, Excekutive vice president PT KAI Daop 8 Surabaya, saat meninjau uji coba stasiun Indro.

Dengan diresmikan Stasiun Indro, diharapkan bisa mengurangi biaya transportasi bagi industri di Gresik.

Untuk menjalankan usaha pengiriman logistik di Gresik, akan dikelola oleh anak perusahaan PT KAI yaitu PT KA Logistik.

“Sekarang sudah ada perusahaan yang kerjasama dengan PT KAI untuk pengiriman barang. Nanti dalam sehari masih satu kereta api yang membawa 30 kontainer. Untuk jalur kereta api yang lain di Gresik akan dibuka secara bbertahap. Termasuk sampai kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Manyar,” katanya.

Untuk memperbaiki Stasiun Indro yang sudah 10 tahun lebih mangkrak tidak digunakan, PT KAI Daop 8 Surabaya mengluarkan anggaran sekitar Rp 300 juta sampai Rp 400 juta.

“Cuma perkuatan dengan mengganti dan nambah alas. Sekitar menghabiskan anggaran Rp 300 juta sampai Rp 400 juta,” imbuhnya.

Salah satu mitra PT KA Logistik yaitu PT Richmaunt Agro Chem, yang sudah kerjasama dengan PT Petrokimia Gresik untuk mengirimkan pupuk dan bahan baku pupuk ke Gresik dan dari luar Gresik.

“Dengan dibukanya jalur kereta api di Gresik ini bisa menghemat biaya transportasi logistik lebih dari 50 persen. Misalnya, setiap kontainer bisa menghemat Rp 1 juta, dalam satu bilan bisa menghemat Rp 1 miliar. Misalnya mengirim barang ke Jakarta menggunakan jalur darat itu bisa dua bulan, tapi dengan kereta api ini hanya sehari. Jadi ini menghemat luar biasa,” kata Ali Safex, jasa transportasi dari PT Richmaunt Agro Chem

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved