Surya/

Citizen Reporter

Ketika Bocah PAUD Menunggangi Tank Yonkav Singosari

hanya 10 menit mengendarai tank keliling lapangan Yonkav Singosari, anak-anak begitu bahagia dan sontak meneriakkan cita-cita ke langit, jadi tentara!

Ketika Bocah PAUD Menunggangi Tank Yonkav Singosari
unplash/px
ilustrasi 

Reportase : Choirul Qomariah SP
Pendidik PAUD Amanah Bunda Lawang

GEBYAR PAUD melibatkan sekitar 3.000 peserta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kabupaten Malang bagian utara ini dipusatkan di batalyon kavaleri 3 Andhaka Cakti, Singosari, Malang. Batalyon kavaleri (yonkav) yang menyimpan tank dan kendaraan tempur  TNI Angkatan Darat lainnya.

Dari sinilah keceriaan bermula. Bocah berusia dua hingga enam tahun tersebut bergantian menaiki tank didampingi bunda-bunda pendidik mereka.

Digelar Rabu (31/8/2016) pagi, dihadiri Ketua Himpaudi Kabupaten Malang, Dra Lies Zuhroh dan dibuka oleh Kepala Bidang PLS Kabupaten Malang, Drs Sudarjo MPd, mewakili Kepala Dinas Kabupaten Malang.

Kabid PLS Kabupaten Malang mengapresiasi gebyar PAUD Kabupaten Malang 2016 dan berharap acara bisa rutin dihelat setiap tahun.

Usai dibuka, senam massal si Kumbi dengan peserta anak-anak dan orangtua pun digelar. Gerakan-gerakan mencerminkan kegembiraan, juga syair yang terkandung di dalamnya sarat pesan moral. Utamanya kejujuran bagi anak-anak.

Senam ini bahkan menjadi senam wajib pada pergelaran Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur) yang diadakan serentak oleh PAUD, Juli 2016 di seluruh Indonesia.

Nah, setelah senam massal si Kumbi kemudian peserta didik yang sudah diatur bergiliran per kecamatan lalu menaiki tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Dibantu  anggota TNI, anak-anak naik ke kendaraan tempur. Tentu  tetap dalam pengawasan guru dan anggota TNI.

Meski mereka naik tank hanya selama 10 atau 15 menit mengelilingi lapangan Yonkav 3 Singosari, Malang, nyatanya anak-anak begitu bersemangat dan terkesan dengan pembelajaran yang  menyenangkan.

Begitu turun dari tank, sontak mereka menjawab, "jadi tentara!" begitu ditanya apa cita-cita mereka kelak.

 


Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help