Berita Bojonegoro

Begini Cara Desa-desa di Bojonegoro Melakukan Transparansi Keuangan

Sebanyak 21 desa di Kabupaten Bojonegoro mulai menerapkan Open Government Parthnersip (OGP). OGP dimulai dengan transparansi penerimaan keuangan yang

Begini Cara Desa-desa di Bojonegoro Melakukan Transparansi Keuangan
surya/iksan fauzi
21 Desa di Bojonegoro Pampang Anggaran Desa supaya Rakyat Tahu 

SURYA.co.id | TUBAN - Sebanyak 21 desa di Kabupaten Bojonegoro mulai menerapkan Open Government Parthnersip (OGP). OGP dimulai dengan transparansi penerimaan keuangan yang dikelola pihak desa.

Transparans dilakukan dengan cara memasang banner tentang pengelolaan keuangan yang diterima desa agar warga mengetahuinya.

Sekretaris Kecamatan Kapas, Moh Saipurrohim mengatakan, pemasangan banner dilakukan aparat desa sejak Senin (29/8/2016) di halaman balai desa dan beberapa titik strategis.

“Ini bentuk implementasi OGP yang saat ini tengah gencar dilakukan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Setiap desa diwajibkan memasang APBDes,” papar Sipurrohim.

Banner tersebut memuat total pendapatan, terdiri dari pendapatan asli desa, besaran penerimaan aLokasi dana desa (ADD), bagi hasil pajak daerah, bagi hasil retribusi daerah, serta penerimaan dana desa dan biaya operasional sekolah daerah (BOSDA).

Selain itu, kata Saipurrohim, pengalokasian anggaran atau belanja yang di dalamnya meliputi penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, pembinaan masyarakat, pelaksanaan pembangunan desa, dan pos belanja tidak terduga juga dipajang.

“Ada juga penyertaan modal untuk BUMDes. Dengan adanya transparansi ini diharapkan semua warga masyarakat mengetahui keuangan yang dikelola sekaligus peruntukkannya,” ungkapnya.

Saipurrohim menyatakan, ada beberapa desa yang mendapatkan alokasi mencapai lebih dari Rp 1 miliar, serta ada juga yang menyentuh angka Rp 2 miliar.

Di antaranya Desa Sambiroto yang mendapatkan pendapatan tertinggi di Kecamatan Kapas, mencapai Rp 2,2 miliar dan Desa Ngampel mencapai Rp 2 miliar.

Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved