Citizen Reporter

Australia Awards, Start-up Indonesia Rasa Australia

25 start-up Indonesia yang terpilih mengikuti pre-course yang dihelat Australia Awards ini diharapkan bisa memberi dampak luas nantinya...

Australia Awards, Start-up Indonesia Rasa Australia
istimewa
Peserta Australia Awards 2016 

Reportase : Budy Sugandi
Schoolmedia Indonesia
fb.com/budy sugandhi

SELAMA tiga hari (20-23/8/2016) 25 inovator start-up bidang teknologi berkumpul di Bandung, mengikuti pembekalan pre-course sebelum berangkat ke Australia, awal September 2016 nanti. 

Program yang dihelat Australia Awards ini mengusung tema Taking business to the next level - A course for leaders, entrepreneurs and innovators of technology-enabled start-ups.

Studi singkat ini diidentifikasi melalui serangkaian konsultasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan dan Austrade dengan tujuan agar dapat mendukung program strategis Kementerian Koperasi dan UKM dalam merevitalisasi pasar tradisional hingga online dan menghasilkan modal yang lebih banyak bagi start-up.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan pasar sangat besar untuk pertumbuhan start-up online/teknologi. Studi singkat ini juga ditujukan untuk mendukung sasaran pemerintah dalam menggiatkan komunitas teknis start-up.

Selama pre-course, peserta dibekali teori dan praktik bernegosiasi dalam mengembangkan bisnis yang dipaparkan para fasilitator.

Mereka adalah Wendy Perry (innovator, leader, speaker and writer in Workforce Planning and Development, Vocational Education and Training, Entrepreneurship and Innovation) dan Ralf Mulhberger (Coordinator of the games department at SAE Brisbane with expertise in Communication Design, Distributed Computing, Information Systems Business Informatics).

Tak hanya menyampaikan materi dasar seperti strategic outcomes focused project planning, technology adoption lifecycle, menyusun rencana bisnis dan pemasaran, memahami pentingan komunikasi pemasaran terpadu. Termasuk media sosial, branding, dan hubungan masyarakat, mengidentifikasi cara untuk mengakses keuangan dan modal untuk pertumbuhan bisnis internasional.

Menganalisis para pemangku kepentingan kunci dan mengidentifikasi cara untuk menghubungkan bisnis dengan pasar, mengembangkan jejaring bisnis dan memanfaatkan jejaring bisnis yang sudah ada (termasuk strategi mengembangkan jejaring dan kontak bisnis yang lebih kuat dengan start-ups di Australia).

Namun mampu memancing antusias peserta untuk berelaborasi, bertanya hingga praktik melalui presentasi dalam rangka simulasi menarik perhatian para penanam modal.

25 Peserta terpilih merupakan direktur/founder/perwakilan dari perusahaan rintisan (start-up) di berbagai sektor termasuk produk berbasis aplikasi/mobile atau perusahaan rintisan yang didorong teknologi dan produk serta jasa unik yang diantarkan menggunakan teknologi.

25 Start-up tersebut adalah Clevio Coder Camp, Rayyan Construction, Anterin Digital Nusantara, Imagination Indonesia Studio, Kulina, Armada Teknologi Logistik, Indves, Integrated Smart and Green Building, Sister Ojek, Mobile Coin Asia (PayAccess), Trukita, TEMOO, Dnetwork, Pet Societies, TeleCTG, Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises, Schoolmedia, Kuassa Teknika, Ruparupa, Geekhunter, Bantukang, X-Igent, Go-Jek Indonesia, iGrow Asia, dan Artikulpi.

 

Schoolmedia

Penulis mewakili Schoolmedia yang merupakan web aplikasi untuk membantu manajemen sekolah. Schoolmedia secara khusus mengembangkan fitur-fitur sesuai kebutuhan sekolah. Salah satu fiturnya adalah aplikasi manajemen sekolah yang dapat membantu dan memanjakan sekolah agar dapat meningkatkan konten belajar siswa, kompetensi guru, efisiensi sumber daya manusia, dan menghemat infrastuktur teknologi Informasi komputer sekolah.

Website dan aplikasi schoolmedia dikembangkan dengan memerhatikan umpan balik dari pengguna. Fitur-fitur dikembangkan sesuai tuntutan dan kebutuhan user. Fitur-fitur yang dikembangkan adalah Social Network, User organization, News, Q&A, E-learning Schoolmedia, Sistem Akademik), Educational Games.

Sasaran dan tujuan dari kegiatan Australia Awards Indonesia ini didasari lima hasil dampak program berkaitan dengan manfaat yang diperoleh alumni Indonesia dari pengalaman selama studi ini yang terdefinisikan dengan jelas.

Hasil dampak ini meliputi kemampuan alumni menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilannya berkontribusi di profesinya dan dalam masyarakat, hubungan antara para alumni dan organisasi Australia serta masyarakat Australia dan pemahaman positif para alumni tentang Australia dan masyarakat Australia.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help