Citizen Reporter

Berkarib Kotor dan Bau di Kampung Sapi

memang benar bau, juga kotor sekali.. namun berada di Kampung Sapi Adventure ini pengunjung bisa belajar banyak hal dengan cara yang benar..

Berkarib Kotor dan Bau di Kampung Sapi
istimewa
Bertualang di Kampung Sapi 

Reportase : ALVITA SURYANI
Siswa Kelas Xl JB 1 di SMKN 7 Malang

BERANI kotor itu baik, katanya. Dan memang ungkapan tersebut terasa cocok untuk kegiatan yang dilakukan siswa jurusan jasa boga SMK Negeri 7 Malang saat berkunjung ke kampung sapi adventure, di Beji, Batu, Malang, Selasa (16/8/2016).

Di sana, mereka tak hanya menimba pengetahuan tetapi juga mempraktikkan cara mengolah susu, merawat sapi perah, mengolah kotoran sapi, memerah susu sapi, dan memberi makan sapi.

Drh Yusnia, dokter hewan di kampung sapi ini menunjukkan bagaimana cara mengolah susu yang benar. Menurutnya hampir sebagian masyarakat salah kaprah mengolah susu sapi dengan cara merebus susu sapi secara langsung.

Ternyata cara tersebut justru keliru karena kandungan lemak dan vitamin dalam susu memudar. Cara yang benar adalah dengan sistem pasteurisasi atau steaming yakni dengan cara di tim.

Cukup mudah. Pertama, siapkan panci yang sudah diisi air, lalu panci kedua isi dengan susu sapi setelah itu jadikan satu antara panci pertama dan kedua usahakan air dan susu sapi dalam posisi sejajar.

Susu pasteurisasi tahan hingga lima jam jika diletakkan di ruang terbuka. Namun, awet lima hingga tujuh hari jika disimpan di kulkas, tiga bulan bila disimpan di frezeer tutup tunggal. Dan, selama itu nutrisi susu pasteurisasi ini dapat terjaga.

Selain itu drh Yusnia juga menjelaskan cara membedakan susu sapi murni dan susu sapi campuran. Caranya? Dengan menuang susu sapi ke sendok makan lalu kembalikan lagi ke botol semula. Jika ada sisa susu sapi yang menempel di sendok maka itu adalah susu sapi murni. Begitu sebaliknya, jika tidak ada sisa susu sapi yang menempel di sendok, kemungkinan itu susu sapi campuran.

Ah, mudahnya belajar di kampung sapi ini.

 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved