Tempo Doeloe

Video 3 Menit Ini Mengesankan Kemerdekaan Indonesia Hadiah dari Jepang

Tapi bagaimana jika dihadapkan pada fakta-fakta dalam video seperti terlihat di atas?

SURYA.co.id - Apakah kemerdekaan Indonesia merupakan hadiah dari Jepang

Bukan. Itu jawaban kompak dalam seluruh buku pelajaran formal maupun buku sejarah non formal produk Indonesia.

Kemerdekaan Indonesia adalah hasil perjuangan diplomasi dan fisik rakyat Indonesia melawan Jepang, juga Belanda.

Tapi bagaimana jika dihadapkan pada fakta dalam video seperti terlihat di atas?

Pada video 3,19 menit itu terlihat, Soekarno atau Sukarno atau Bung Karno membungkuk hormat kepada petinggi militer Jepang, sebelum membacakan pidatonya seperti ini:

Dengan hati yang terharu, kami menerima pengumuman bahwa Kerajaan Dai Nippon memperkenankan kemerdekaan segenap bangsa Indonesia di kemudian hari.

Hati dan jiwa kami meluap-luap dengan rasa terima kasih yang sekhidmat-khidmatnya kepada yang maha mulia Tenno Heika yang bermurah hati memperkenankan terkabulnya cita-cita kami yang telah berpuluh tahun-tahun itu.

Dengan hormat, saya atas nama segenap rakyat Indonesia meminta kepada paduka tuan supaya paduka tuan mempersembahkan terima kasih kami ke bawah duli yang maha mulia Tenno Heika.

Paduka tuan, di dalam pengumuman Kerajaan Dai Nippon itu tidak dinyatakan saatnya Indonesia diperkenankan Indonesia merdeka kecuali dengan kata-kata di kemudian hari. Tetapi kami pun menyerahkan saat kemerdekaan Indonesia itu kepada yang maha mulia.

Yang maha mulialah, terlebih bijaksana, yang maha mulialah terlebih mengetahui. Kami hanya insyaf bahwa lekas atau lambatnya saat itu datang adalah tergantung daripada besar atau kecilnya usaha kami untuk mendapat kecakapan-kecakapan yang perlu buat kemerdekaan, dan daripada besar atau kecilnya usaha kami untuk membantu lekas tercapainya kemenangan akhir peperangan Asia Timur Raya. 

Halaman
12
Penulis: Yuli
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved