Nasional

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy Puji Mobil Formula 1 Bertenaga Surya Karya Pelajar Bantul

“Grung!grung!grung!”, selama tiga kali Muhadjir memijak pedal gas mobil hybrid bertenaga surya ini. Senyum dan acungan jempol pun dilontarkan olehnya.

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy Puji Mobil Formula 1 Bertenaga Surya Karya Pelajar Bantul
TribunJogja/AgungIsmianto
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr. Muhadjir Effendy menjajal mobil balap Formula 1 bertenaga Hybrid Surya hasil karya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Imogiri, Rabu (10/8/2016). 

SURYA.co.id|BANTUL - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr. Muhadjir Effendy langsung bergegas menuju sebuah mobil balap berwarna merah yang berada di aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Imogiri, Bantul, Rabu (10/8/2016).

Dia tak sabar ingin masuk ke dalam mobil balap bergaya formula 1 yang merupakan produksi siswa SMK setempat.

Tangan Muhadjir langsung memutar kontak engine begitu duduk di kabin mobil yang diproduksi oleh para siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) ini.

Setelah mendapat pengarahan dari guru pembimbing, Harry Agus Susanto, professor ini pun langsung menginjak pedal gas.

“Grung!grung!grung!”, selama tiga kali Muhadjir menginjak pedal gas mobil hybrid bertenaga surya ini. Senyum dan acungan jempol pun dilontarkan oleh pengganti Anies Baswedan ini kepada sejumlah siswa dan guru yang menyaksikan launching mobil buatan siswa ini.

“Mobil balap ini cukup bagus, meski tidak bisa diproduksi secara masif, namun bagus untuk prototipe atau model pembelajaran,” ujarnya usai menjajal mobil tersebut.

Dia pun berupaya untuk terus memacu kreativitas siswa dengan beragam produk baru. Mobil balap hybrid dengan tenaga surya ini pun, kata dia membuatnya tersentuh.

Dia menyempatkan berfoto dengan lima siswa kreatif tersebut yakni Adon Vendy Pradana, Edi Sofyan, Nasyid Muzaki, Ade Rivan Hidayatullah serta Rafif Yuhdi Arrizal.

“Pemerintah memberikan ruang praktik kerja lengkap dengan alatnya dan juga beasiswa pada siswa berprestasi ini,” paparnya disambut dengan sorak sorai siswa dan guru di SMK ini.

Mobil karya lima siswa jurusan TKR itu memiliki keunikan. Mobil berbodi fiberglass ini, mempunyai dua sumber tenaga penggerak hybrid yang berasal dari motor listrik yang disuplai dari tenaga surya gabungan dengan mesin bensin.

Halaman
123
Editor: Rahadian Bagus Priambodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved