Berita Gresik

Puskesmas di Gresik Digelontor Dana Rp 44 Miliar, ternyata ini Tujuannya

Kali ini, Banggar mengalokasikan dana sebesar Rp 44 miliar yang bakal dikucurkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes).

Puskesmas di Gresik Digelontor Dana Rp 44 Miliar, ternyata ini Tujuannya
antara/rosa panggabean
Ilustrasi, bayi mendapatkan vaksin polio saat imunisasi di salah satu Puskesmas. 

SURYA.co.id | GRESIK – Infrastruktur sarana kesehatan kembali menjadi perhatian serius. Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gresik kembali mengalokasikan dana untuk proyek-proyek pembangunan dan rehabilitasi sejumlah Puskesmas di Kabupaten Gresik.

Kali ini, Banggar mengalokasikan dana sebesar Rp 44 miliar yang bakal dikucurkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes).

Dengan anggaran itu, Dinkes diharap bisa menuntaskan semua perbaikan dan pembangunan puskesmas pada tahun 2018.

Menurut Asroin Widiana, anggota Banggar DPRD Gresik, dengan anggaran yang digelontorkan itu diharapkan tidak ada lagi alasan kurang maksimalnya pelayanan kesehatan masyarakat gara-gara infrastruktur tidak memadai.

“Dengan anggaran Rp 44 miliar itu, diharapkan infrastruktur puskesmas yang kurang memadai sudah bisa direhabilitasi semua. Agar pelayanan kesehatan masyarakat bisa benar-benar maksimal,” ujar Asroin di gedung dewan, Rabu (3/8).

Menurut dia, dana Rp 44 miliar ini dimaksudkan untuk melanjutkan rehabilitasi bangunan seluruh puskesmas yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan belum tuntas. Sekarang ini, tinggal sedikit puskesmas yang belum diperbaiki.

“Dari total 32 puskesmas, sudah separo lebih yang diperbaiki," tandasnya.

Selama dua tahun ini, masih kata Asroin, salah satu fokus kerja DPRD Gresik memang terkait menyelesaikan seluruh infrastruktur kesehatan dan pendidikan. Setelah itu, tahun berikutnya akan ganti fokus ke sektor-sektor lain.

“Selama lima tahun ke depan, sebagaimana RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah), ada sejumlah urusan yang harus diselesaikan. Dan kami harus fokus satu persatu agar hasilnya bisa maksimal,” paparnya.

Plt Kepala Dinkes Gresik Nurul Dollam menyampaikan bahwa kucuran anggaran itu memang sangat ditunggu untuk perbaikan pelayanan kesehatan. Anggaran yang dialokasikan itu bakal digunakan untuk enam puskesmas dan satu gudang farmasi.

“Rencananya, ada enam puskesmas yang diperbaiki pada tahun 2017 ini. Beberapa diantaranya adalah puskesmas di Dukun, Sekapuk dan Alun-Alun,” ujar Dollam.

Kini dari 32 puskesmas di Gresik, lanjutnya, masih ada 12 puskemas belum diperbaiki.
Dengan adanya anggaran untuk perbaikan enam puskesmas pada 2017, maka pada 2018 tinggal enam puskesmas lagi.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help