Berita Release

Pakar: Perlu Kebijakan Berpihak bagi Pelaku IT

"Masih sulit nantinya bila ingin mengubah paradigma masyarakat Indonesia dari yang tradisional ke basis teknologi."

Pakar: Perlu Kebijakan Berpihak bagi Pelaku IT
net
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pakar Tekonologi Informasi, Onno W Purbo mengatakan diperlukan kebijakan berpihak pada pelaku dan perkembangan teknologi informasi.

Onno, yang juga pelaku teknologi informasi, masih merasakan adanya aturan-aturan penghambat guna mengembangkan teknologi informasi.

"Dengan begitu masih sulit nantinya bila ingin mengubah paradigma masyarakat Indonesia dari yang tradisional ke basis teknologi," ujarnya dalam rilis yang dikirimkan, Kamis (28/7/2016).

Menurut Onno, sebenarnya mudah saja mencetak "melek" teknologi bila dipahami pengambil kebijakan.

Menurut dia, membahas infrastruktur teknologi, apalagi dengan konsep pembangunan pemerintah saat ini memulai dari pinggiran, maka basis pendidikan dan desa adalah langkah awalnya.

"Misalnya semua Sekolah Dasar (SD) dan desa sudah harus tersedia internet. Jadi mudah mengetahui apa masalah-masalahnya dan dilaporkan ke pemerintah pusat," ujar Onno.

Dia juga mengatakan, memulai pengembangan teknologi informasi, seperti internet ke SD, akan meningkatkan efisiensi. Buku-buku konvesional yang selama ini biayanya mahal akan digantikan dengan teknologi informasi yang terjangkau dan mudah di akses para murid

"Tapi semua kembali kepada kebijakan yang berpihak, itu kuncinya," ucap Onno.

Mengenai upaya meningkatkan perekonomian nasional, Onno mengungkapkan, penekanannya kepada mahasiswa yang akan memasuki lingkungan kerja.

Bila kebijakan teknologi informasi menyasar mahasiswa, maka setelah mereka sarjana akan mengerti gunanya teknologi informasi dimanfaatkan sebagai lapangan pekerjaan.
"
Dengan begitu tingkat pertumbuhan ekonomi meningkat karena angka pengangguran ditekan," ujar Onno.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help