Surya/

Kesehatan

Ternyata Ini Rahasia Medisnya Mencukur Rambut Bayi 7 Hari Setelah Lahir

Secara medis sebaiknya rambut bayi memang dipotong karena ada manfaatnya secara medis, yaitu untuk membersihkan lemak dan zat-zat sisa dari rahim ibu.

Ternyata Ini Rahasia Medisnya Mencukur Rambut Bayi 7 Hari Setelah Lahir
foto: tribunnews.com
ilustrasi 

SURYA.co.id | JAKARTA - Tradisi memotong rambut bayi tidak hanya dilakukan umat muslim, budaya berbagai dunia pun telah mengenalnya.

Di Indonesia dan masyarakat muslim umumnya, tradisi memotong rambut bayi dilakukan bersamaan dengan waktu akikah atau sekitar 7 hari setelah kelahirannya.

Berat rambut yang tergunting itu kemudian ditimbang dan seberat itu pula akan dikeluarkan perak untuk disedekahkan kepada fakir miskin.

Masyarakat Hindu India juga mempunyai tradisi memotong rambut bayi untuk membersihkannya dari hal-hal negatif dalam kehidupan sebelumnya.

Dalam budaya Jawa yang mengenal tradisi potong rambut saat bayi berusia 35 hari atau bertepatan dengan upacara selapanan.

Pada saat itu beberapa orang yang dituakan seperti eyang/bude/pakde secara bergantian akan memotong sejumput rambut bayi.

Upacara ini akan diikuti dengan tradisi bancakan atau membagikan sepincuk nasi gudangan (urap) kepada anak-anak kecil di lingkungannya.

Masyarakat Ternate-Maluku Utara juga mempunyai tradisi memotong rambut bayi yang disebut saro-saro.

Upacara ini sebagai simbol untuk menyambut kehidupan baru bagi sang bayi.

Tradisi potong rambut ini biasanya diteruskan dengan mencukur plontos kepala bayi hingga bersih.

Halaman
123
Editor: Parmin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help