Berita Surabaya

Bangunan Liar di Jalan Ronggowarsito Surabaya Ditertibkan Satpol PP

Anggota Satpol PP Kota Surabaya merobohkan satu persatu bangunan yang ada di sepanjang jalan

Bangunan Liar di Jalan Ronggowarsito Surabaya Ditertibkan Satpol PP
surya/rorry nurmawati
Bangunan liar di Jalan Ronggowarsito hingga Jalan Empu Tantular yang ditertibkan Satpol PP Kota Surabaya, Selasa (19/7/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 170 bangunan semi permanen di Jalan Ronggowarsito hingga Jalan Empu Tantular mulai ditertibkan Satpol PP Kota Surabaya, Selasa (19/7/2016).

Penertiban bangunan yang mayoritas ditempati pedagang burung ini untuk mengembalikan fungsi utama jalan dan saluran air.

Sejak pagi, anggota Satpol PP Kota Surabaya merobohkan satu persatu bangunan yang ada di sepanjang jalan di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo ini.

Pedagang yang kooperatif tidak menyulitkan petugas saat membersihkan bangunan semi permanen yang telah ada sejak beberapa tahun terakhir.

Siyamah seorang pedagang menuturkan, meski penertiban ini telah disosialisasikan namun dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tidak memberikan tempat relokasi.

Hal itulah yang disesalkan pedagang yang telah berjualan sejak lama.

"Sosialisasinya sudah beberapa bulan lalu, tapi kami tidak dikasih tempat baru buat berjualan. Padahal mayoritas pedagang di sini masih mempunyai anak sekolah," katanya kepada SURYA.co.id, Selasa (19/7/2016).

Keluhan pedagang terkait tak adanya lahan untuk relokasi ini pun ditepis Camat Wonokromo Tomi Ardianto.

Menurutnya, sebelum dilakukan penertiban, Pemkot telah memberikan tempat relokasi ke Pasar Karangpilang, Surabaya.

"Selama sosialisasi kami juga memberitahukan kalau nantinya pedagang akan direlokasi di pasar Karangpilang. Karena selama ini kami juga sudah berkoordinasi dengan PD Pasar Surya mengenai relokasi para pedagang," jelasnya.

Nantinya pasca penertiban ini, pihak Pemkot akan mulai mengembalikan fungsi awal jalan, seperti pengembalian fungsi saluran air, dan trotoar.

Petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya akan mulai melakukan normalisasi di sungai dan penanaman pohon di sekitar area itu.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Rorry Nurwawati
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved