Lebaran 2016

Polisi Sumenep Madura Terjunkan 225 Personel guna Amankan Lebaran Ketupat

‘’Pemetaan personel yang akan mengamankan lokasi akan disesuaikan dengan kemungkinan warga yang akan berkunjung ke lokasi wisata."

Polisi Sumenep Madura Terjunkan 225 Personel guna Amankan Lebaran Ketupat
surya/moh rivai
Keindahan Pantai Lombang di Desa Lombang Kecamatan Batang-batang Sumenep, Madura, Selasa (12/7/2016). 

SURYA.co.id | SUMENEP, MADURA – Beberapa obyek wisata di Sumenep yang biasanya selalu dipadati pengunjung pada saat hari Raya Ketupat (Kupatan) Rabu besok (13/7/2016), menjadi perhatian Polres Sumenep.

Untuk mengamankan beberapa kawasan wisata tersebut, Polres menerjunkan 225 personel.

Kapolres Sumenep, AKBP Rendra Radita Dewayana, melalui Kabag Ops, Kompol Azhar Yelly mengatakan, petugas telah disiagakan untukm mengamankan sedikitnya 5 obyek wisata di Sumenep, baik obyek wisata pantai yakni Pantai Slopeng dan Pantai Lombang, obyek wisata alam di Bukit Tinggi dan lokasi pemandian Tirta Sumekar dan Water Park Sumekar ( WPS ).

‘’Pemetaan personel yang akan mengamankan lokasi akan disesuaikan dengan kemungkinan warga yang akan berkunjung ke lokasi wisata tersebut,’’ ujar Kabag Ops Azhar Yelly.

Dikatakan, dari 225 personel Polres Sumenep, akan ditempatkan di Pantai Lombang sebanyak 86 personel, Pantai Slopenbg 71 personel, WPS 26 personel; TSI 19 dan Bukit Tinggi 12 personel.

‘’Petugas yang akan diterjunkan dengan sistem pengamanan terbuka dan tertutup,’’ jelasnya.

Ditambahkan, dari beberapa obyek wisata memang ada dua obyek wisata pantai yang paling banyak disiagakan pengamanan oleh Polres Sumenep.

Dua pantai tersebut yakni Pantai Lombang di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, dan Pantai Wisata Slopeng yang terletak di Desa Slopeng, Kecamatan Dasuk, Sumenep.

‘’ Biasanya di dua pantai itu selalu diluber ribuan pengunjung. Petugas dikerahkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan kamtibmas yang terjadi di obyek wisata alam yang terkenal dengan hamparan pasir putih dan pohon cemaran udang itu,’’ jelasnya.

Personel polisi sengaja tidak diberikan izin cuti lebaran hingga seminggu dari lebaran atau hingga hari raya Kupatan. Hal itu Ini untuk memaksimalkan penjagaan di beberapa kawasan obyek wisata di Kabupaten Sumenep.

‘’ Mereka akan ditempatkan disudut-sudut pantai, baik pam tertutup dan terbuka. Pam terbuka akan diterjunkan dari Samapta, sedang pam tertutup Sat Intelkam dan Reskrim,’’ pungkasnya.

Ditanya, apakah Polres juga akan menerjunkan sniper atau penembak jitu, Kabag Ops, mengaku tidak diperlukan sniper, juga peralatan pengamanan. Pihaknya akan melakukan pendeteksian situasi awal agar para wisatasan betah tinggal di Sumenep.

Sejak Selasa (11/7/2016) suasana dua pantai itu mulai ramai dengan pengunjung dari dalam Kota Sumenep, tetapi juga wisatawan dari luar Madura.

Mereka mengaku banyak berasal dari Jember, Pasuruan, Situbondo dan bahkan ada pengunjung yang datang dari Pati, dan Rembang Jawa Tengah.

‘’ Biasanya datang lebih awal dengan mendirikan tenda-tenda untuk tempat menginap mereka. Bahkan ada juga yang sengaja menyewa rumah-rumah penduduk sekitar,’’ papar Sabri salah seorang petugas parkir Pantai Lombang.

Penulis: Moh Rivai
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved