Terminal Purabaya

Posko Kesehatan di Terminal Purabaya Melayani 24 Jam Hingga H+12 Lebaran

#SIDOARJO - "Kami melayani posko kesehatan sampai tanggal 18 Juli atau H+12 setelah Lebaran," katanya.

Posko Kesehatan di Terminal Purabaya Melayani 24 Jam Hingga H+12 Lebaran
RORRY NURMAWATI
Posko kesehatan Dinas Kesehatan Sidoarjo di Terminal Purabaya terlihat sepi. Belum banyak penumpang atau awak bus yang memeriksakan dirinya ke posko kesehatan ini, Minggu (3/6/2016). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Posko kesehatan yang disiapkan Dinas Kesehatan Sidoarjo di Terminal Purabaya, terlihat sepi.

Hingga memasuki H-3 posko masih belum banyak penumpang atau pun awak bus yang memeriksakan dirinya ke posko kesehatan ini, Minggu (3/6/2016). Terhitung dari catatan posko, penumpang dan sopir bus yang memeriksakan kesehatan hanya berjumlah 21 orang.

Posko kesehatan yang terletak persis di dalam area ruang tunggu penumpang ini, dilengkapi dengan berbagai macam peralatan hingga dua tempat tidur. Berbagai macam obat dan infus juga tersedia, bila sewaktu-waktu dibutuhkan pengunjung.

"Tidak begitu ramai, ini masih terbilang sepi," kata petugas jaga posko kesehatan Sabar Sampurno, saat ditemui.

Masih kata petugas yang berasal dari petugas Puskesmas Gedangan ini, sejak awal posko didirikan pada H-12 masih belum banyak penumpang maupun awak bus yang memeriksakan dirinya. Dari 21 orang yang pernah memeriksakan dirinya ke posko kesehatan, belum ada penyakit parah yang terdeteksi.

"Kebanyakan keluhannya hanya pusing, tensi tinggi. Lalu kami sarankan untuk istirahat dulu di sini sebelum melanjutkan perjalanan," jelasnya.

Posko kesehatan yang dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Sidoarjo ini, menerapkan tiga shift untuk operasional setiap harinya. Petugasnya pun yang dikerahkan dari seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kota Delta. "Yang jaga beda-beda setiap harinya, maksimal petugasnya tiga sampai empat orang setiap harinya," terang Sabar.

Tidak hanya di Terminal Purabaya, Dinas Kesehatan Sidoarjo juga membuka posko di beberapa titik. Lima titik di antaranya adalah exit tol Porong, depan Matahari Store Sidoarjo, rest area jembatan timbang Trosobo, depan pasar Krian Sidoarjo, dan Mlirip Rowo Tarik.

"Kami melayani posko kesehatan sampai tanggal 18 Juli atau H+12 setelah Lebaran," katanya.

Sabar pun menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan bepergian untuk mudik, supaya terus mengontrol kesehatannya. Sebab, tidak jarang para pemudik mengalami kelelahan di jalan yang bisa mengakibatkan meninggal dunia. "Kalau lelah langsung istirahat, periksa, minum vitamin, jangan dipaksa biar tidak terjadi apa-apa di jalan," pungkasnya. 

Penulis: Rorry Nurwawati
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved