Lebaran 2016

Dishub Surabaya Gelar Uji Kelaikan Kendaraan Mudik, Sasarannya Beberapa Hal ini

"Beberapa hari ini kami terus melakukan, dan memang sebenarnya bagian dari SOP kita. Prosedur rutin. Kami tingkatkan menjelang mudik Lebaran."

Dishub Surabaya Gelar Uji Kelaikan Kendaraan Mudik, Sasarannya Beberapa Hal ini
SURYA.co.id/Dya Ayu
Plt Kepada Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyu Drajad saat berada di Gedung DPRD Surabaya, Rabu(24/2/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya meningkatkan 'Ramp Check' atau uji kelaikan kendaraan, terutama kendaraan angkutan di semua terminal di Surabaya, guna mudik Lebaran 2016.

Hal tersebut diakui Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat . Dishub Kota Surabaya, Senin (13/6/2016).

Irvan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Provinsi terkait persiapan Lebaran 2016.

Ia mengatakan, Ramp Check yang dilakukan meliputi pemeriksaan kelayakan kendaraan, administrasinya, dan peralatan tanggap darurat.

"Beberapa hari ini kami terus melakukan, dan memang sebenarnya bagian dari SOP kita. Prosedur rutin. Kami tingkatkan menjelang mudik Lebaran," ujarnya.

Selama berlangsungnya Ramp Check di terminal, Irvan menyatakan cukup banyak bus yang tidak lolos uji, sehingga harus mendapat sanksi.

"Kalau ada yang melanggar langsung kami keluarkan kosong. Paling banyak di Terminal Purabaya," cetusnya.

Sanksi juga diterapkan untuk kendaraan muat barang yang melanggar ketentuan.

"Muatan melebihi kapasitas, termasuk tidak mendapat rekomendasi dari DLLAJ Provinsi, nanti sanksinya beda-beda," katanya.

Dalam persiapan Lebaran 2016 ini, Pemkot Surabaya mendapat domain terminal, sedangkan angkutan bus merupakan domain Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

"AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi) domainnya DLLAJ Provinsi, sedangkan AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi) domainnya Kementerian, dan Domain Pemkot di terminal," cetusnya.

Penulis: Monica Felicitas
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved