Hukum Kriminal Surabaya

Kuasa Hukum Pedagang Pasar Turi Surabaya Tuding Ada Konspirasi

#SURABAYA - I Wayan Titib Sulaksana, kuasa hukum pedagang Pasar Turi, menuding ada konspirasi atas penarikan berkas perkara Henry J Gunawan.

Kuasa Hukum Pedagang Pasar Turi Surabaya Tuding Ada Konspirasi
surya/Dya Ayu
ARSIP - Para Pedagang Pasar Turi saat mendatangi dan melakukan orasi di depan Balai Kota Surabaya, Jalan Sedap Malam, Rabu (16/3/2016) siang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - I Wayan Titib Sulaksana, kuasa hukum pedagang Pasar Turi Surabaya, menuding ada konspirasi atas penarikan berkas perkara Henry J Gunawan oleh Mabes Polri.

Ia menilai, ada konspirasi dalam penanganan kasus Henry di Polda Jatim dan Kejati Jatim. Pasalnya setelah berkas perkara dinyatakan P19 oleh Kejati Jatim, penyidik polisi langsung melengkapi berkas perkara.

"Anehnya sekitar tanggal 28 April kemarin, tiba-tiba kasus itu diambil alih Mabes Polri," katanya, usai sidang gugatan perdata pengelolaan Pasar Turi oleh Pemkot Surabaya di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (7/5/2016).

Menurut dia, saat gelar perkara dilakukan, kasus Henry langsung dimentahkan oleh Mabes Polri. Alasanya, penyidik Mabes Polri menilai berkas perkara tersebut ada unsur perdata.

Padahal dari penyidik Polda Jatim sudah melengkapi kekurangan pada berkas perkara, sesuai dengan petunjuk jaksa dari Kejati Jatim.

Menanggapi hal itu, Liliek Djaliyah, kuasa hukum Henry, tudingan Wayan Titib terkait adanya konspirasi itu tidak benar. Ia menjelaskan alasan Mabes Polri menarik berkas perkara Henry dari Polda Jatim.

"Tidak benar itu (konspirasi). Ketika instansti yang melakukan penyidikan tidak netral, maka kami sebagai terlapor bisa meminta instansi di atasnya yang lebih netral," ungkapnya.

Ketidaknetralan Polda Jatim terlihat saat tiga saksi ahli yang dihadirkan oleh terlapor tidak diperbolehkan untuk berkomentar di luar fakta.

"Padahal saksi ahli yang kami hadirkan ini akan menjelaskan sesuai bidangnya. Jika disuruh soal komentar soal fakta pidana, maka itu merupakan saksi biasa dan bukan saksi ahli," jelasnya.

Liliek mengungkapkan, Henry dilaporkan oleh 23 pedagang Pasar Turi, salah satunya terkait iuran pedagang Pasar Turi dan Strata Title.

Halaman
12
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved