Berita Gresik

Hanya Ada 4 Sentra PKL Resmi di Seluruh Gresik, Apa Ini Artinya?

#GRESIK - "Jika tidak ada, berarti keberadaan para PKL dipastikan ilegal," tegasnya.

Hanya Ada 4 Sentra PKL Resmi di Seluruh Gresik, Apa Ini Artinya?
surya/m taufik
Sejumlah anggota Komisi C DPRD Gresik meninjau keberadaan PKL di kawasan GKB, Kamis (26/5/2016). 

SURYA.co.id | GRESIK - Di Kabupaten sebesar Gresik, ternyata cuma ada empat sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) yang resmi alias legal. Artinya, sentra-sentra PKL yang tersebar di sejumlah wilayah statusnya ilegal alias tak berizin.

Data di Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik menyebut, empat lokasi yang legal itu antara lain Pujasera I di Alun-alun Kota Gresik, Pujasera II di Gresik Kota Baru (GKB), Pasar Senggol serta sentra PKL di Jalan Sidomoro.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Gresik M Najikh mengatakan, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2013, sentra PKL harus mendapatkan penetapan bupati.

"Jika tidak ada, berarti keberadaan para PKL dipastikan ilegal," tegasnya.

Dengan izin yang ada, Diskoperindag bisa menarik retribusi dari para pedagang sehingga jika ada tarikan berbentuk apapun kepada para PKL di luar empat titik itu, berarti bukan dari Disperindag.

Khusus untuk Pujasera II di GKB, pihaknya mengaku sudah tidak menarik retribusi sejak 2013. Penyebabnya, lokasi tersebut sempat diprotes warga karena menjadi warung remang-remang. Lokasi tersebut juga bakal direlokasi.

"Kami masih menunggu relokasi tersebut," imbuhnya.

Belakangan, Pemkab Gresik getol menata PKL. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik juga tengah menyiapkan proyek pembangunan setra PKL baru.

Rencananya, sentra PKL baru bakal memanfaatkan Sub Terminal Randuagung yang telah lama mangkrak.

Kabid Cipta Karya Dinas PU Gresik, Achmad Wasil, menyampaikan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran Rp 1,5 miliar untuk menuntaskan rencana tersebut.

"Dokumen lelang sudah diserahkan kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP) Gresik," ujarnya.

Disampaikan Wasil, rencana pemanfaatan Sub Terminal Randuagung menjadi sentra PKL juga sudah dikordinasikan dengan Dinas Perhubungan dan telah mendapatkan persetujuan. Tinggal proses lelang dan pembangunannya.

Sentra PKL di Sub Terminal Randuagung diperkirakan bisa menampung 44 pedagang yang sebelumnya berada di Pujasera Giri II. Sedangkan untuk pedagang liar tidak dimasukkan ke dalam list.

"Karena kami tidak mengakomodasi pedagang liar," tandasnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved