The 5th Asian Schools Swimming Championships Ditutup, Indonesia Jadi Juara Umum

“Indonesia meraih total 35 Medali terdiri dari 16 Emas, 10 Perak dan 9 Perunggu,” terang Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga, Kementerian Pem

The 5th Asian Schools Swimming Championships Ditutup, Indonesia Jadi Juara Umum
istimewa
Farewell Party The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016, di Grand Ballroom, The Daira Hotel, Palembang, Minggu malam (29/5/2016). 

SURYA.co.id | PALEMBANG - Indonesia berhasil menjadi Juara Umum The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016.
Mengalahkan Hongkong dan Thailand yang berada di tempat kedua dan ketiga.

Kompetisi yang melibatkan para pelajar antar negara di bawah usia18 tahun ini, berlangsung di kota Palembang, selama sepekan ( 25-30 Mei 2016).

“Indonesia meraih total 35 Medali terdiri dari 16 Emas, 10 Perak dan 9 Perunggu,” terang Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Washinton, kepada sejumlah Wartawan, di acara Farewell Party The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016, di Grand Ballroom, The Daira Hotel, Palembang, Minggu malam (29/5/2016).

Hongkong berhasil merebut posisi Kedua dengan perolehan 30 Medali, terdiri dari 10 Emas, 9 Perak dan 11 Perunggu .
Sementara Thailand di tempat Ketiga, dengan total 31 Medali terdiri dari 7 Emas, 11 Perak dan 13 Perunggu.

Namun Indonesia luput merebut posisi Perenang Terbaik Putra, yang jatuh kepada perenang muda Thailand, Suparkid Pananuratana. Demikian pula, Perenang Terbaik Putri jatuh kepada perenang muda Hongkong, Tang Tsoi Lam Katii.

Menurut Washinton, di tingkat ASEAN, peta kekuatan memang ada di empat Negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.

“Hal ini terbukti kita berhasil menjadi Juara Umum dan Thailand di posisi ketiga. Singapura sendiri ada di posisi 4 dan Malaysia di posisi 5,” papar Washinton.

Sebagai warga negara Indonesia, kata Washinton, kita patut berbangga dengan prestasi ini.

Menang memang menjadi target setiap negara dan itu wajar. Namun lebih dari itu, menurutnya, keakraban dan persahabatan juga hal yang sangat penting.

“Dengan hasil ini diharapkan dapat lebih memacu prestasi para atlit Indonesia di ajang yang lebih tinggi. Para atlit renang muda kita diharapkan kelak dapat menunjukkan prestasi maksimalnya di ajang Olimpiade 2024. Dengan umur mereka saat ini rata-rata usia 16-18 tahun, maka pada saat Olimpiade 2024 nanti rentang usia mereka emas (golden age) sebagai seorang perenang, yaitu 22-26 tahun,” ujar Washinton.

Selain prestasi, Washinton berharap, event olahraga skala internasional ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan budaya, khususnya untuk pembangunan di daerah.

Olahraga, lanjut Washinton, juga dirancang sebagai industri modern berskala global.

“Pengelolaan industri keolahragaan juga hal mendasar dalam proses pembangunan. Olahraga dapat memberi kontribusi, dan berdampak positif untuk peningkatan ekonomi dan pengenalan budaya bangsa. The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016, diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi masyarakat daerah, khususnya Palembang,” ujar washinton.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Editor: Yoni
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved