Citizen Reporter

Sejuta Inspirasi dalam Secangkir Kopi Ijo Tulungagung

racikan kopi ijo khas Tulungagung ini benar-benar menyuguhkan sejuta sensasi dalam seduhan secangkir kopinya...

Sejuta Inspirasi dalam Secangkir Kopi Ijo Tulungagung
wikipedia
ilustrasi 

Reportase : Sigit Dwi Laksana
Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo
sigitciovi@gmail.com

NGOPI menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Di sudut–sudut kota begitu mudah ditemukan warung kopi dengan kekhasan daerah yang dihadirkan di setiap seduhan kopi.

Pun di kota marmer Tulungagung. Di setiap pelosok Desa dan di sepanjang jalan, warung kopi (warkop) banyak berjajar. Salah satunya Warkop Waris di Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung ini selalu jadi jujugan para pecinta kopi.

Sekilas, warkop ini tidak berbeda jauh dengan warkop lain di wilayah Tulungagung. Keunikan seduhan kopi yang ditawarkan Warkop Waris yang menjadi pembedanya.

Bila di warkop lain banyak disuguhkan racikan kopi hitam, di Warkop Waris seduhan kopi ijo menjadi andalannya. Mungkin terdengar asing, padahal kopi ijo adalah kopi khas Tulungagung.

Pecinta kopi yang mampir di Warkop Waris, biasa menuangkan kopi ke tatakan dan terlihat warna kopi yang hijau kehitam-hitaman. Warna kopi yang ijo di sini merujuk dari cara yang digunakan saat mengeringkan biji kopi.

Kopi ijo ini disangrai menggunakan wajan tanah liat dan dalam memanaskannya digunakan kayu bakar kering.

Proses sangrai ini harus dilakukan dengan sabar dan telaten agar hasil sangraian kopi tak terlalu gosong dengan menjaga kestabilan api, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Kopi yang sudah disangrai kemudian digiling memakai dengan mesin.

Aroma yang disuguhkan kopi ijo sangrai ini sangat harum dan citarasanya tak kalah dengan kopi yang dijual di toko. Saking terkenalnya kopi ijo khas Tulungagung ini dijual hingga ke Bali, Kalimantan, bahkan ke negara tetangga Malaysia.

Kopi ijo ini juga semakin mantab dan nikmat jika disuguhkan dengan aneka gorengan. Seperti tahu isi, ote-ote, tahu goreng. Secangkir kopi ijo Tulungagung di warkop ini seharga Rp 3.000 dan gorengan per satuannya Rp 500 melancarkan obrolan hingga larut malam. Hmmm... sejuta inspirasi dalam secangkir kopi.

 


Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved