Kereta Api

Ingin Kirim Motor Gratis saat Mudik dari Jakarta dan Surabaya? Begini Caranya

#SURABAYA - Mudik dari Surabaya ke seluruh kota di Jatim akan dilayani angkut motor gratis.

Ingin Kirim Motor Gratis saat Mudik dari Jakarta dan Surabaya? Begini Caranya
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi, pemudik menggunakan moda transportasi kereta api (KA). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para pemudik tahun ini bisa menikmati layanan mudik gratis angkut motor. Tidak hanya angkut motor gratis saat mudik dari Jakarta, mudik dari Surabaya ke seluruh kota di Jatim akan dilayani angkut motor gratis.

Bahkan pendaftaran mudik gratis angkut motor itu sudah dimulai saat ini.

"Sudah dibuka hari ini di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Kalau di Jatim dan Surabaya bisa untuk balik mudiknya ke Jakarta," terang Kepala Seksi Perkeretaapian Dishub Jatim, Luhur Pribadi, Jumat (27/5/2016).

Tahun ini, PT KAI membuka program angkutan motor gratis bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Pendaftarannya dilayani di stasiun di daerah tujuan atau dari Jakarta langsung.

Seperti di Surabaya, pendaftaran dilayani di Stasiun Pasar Turi.

Namun untuk Surabaya ini akan diserbu untuk tujuan balik mudik. Selain Pasar Turi, sejumlah stasiun lain yang melayani pendaftaran adalah Stasiun Babat, Stasiun Kertosono, Stasiun Kediri, dan Stasiun Madiun.

Pendaftaran sudah dimulai hari ini dan berakhir dua hari sebelum tanggal keberangkatan. Mudik angkut motor gratis dengan KA itu berlangsung selama 6 hari berturut-turut.

Yakni pada 28 Juni - 3 Juli 2016. Jika berangkat 28 Juni harus mendaftar paling akhir 26 Juni.

Sementara untuk balik mudik digelar selama 7 hari. Mulai 10 - 16 Juli 2016. Sama dengan mudik, masa pendaftaran berakhir dua hari sebelum keberangkatan balik mudik.

"Lintas Utara, Selatan dilayani. Total kuota motor yang bakal diangkut sebanyak 15.834 motor," urai Luhur.

Motor-motor itu akan diangkut dengan 14 gerbong yag melalui jalur lintas Utara. Melalui Cepu Bojonegoro. Dan sebanyak 21 gerbong untuk angkut motor di lintas Selatan. Kapasitas 58 motor per gerbong.

Adapun persyaratan bisa menikmati mudik dan balik gratis itu adalah, cukup menunjukkan KTP, SIM, dan STNK. Pemudik juga menyertakan fotokopiannya.

"Selain itu harus menunjukkan tiket mudik atau balik dengan angkutan umum. Bisa bus, KA, kapal, pesawat, atau travel. Khawatirnya itu motor paketan saja," kata Kepala Daop 8 PT KAI, Wiwik Widayanti.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved