Indonesia Menjadi Tuan Rumah The 5th Asian Schools Swimming Championships

Selain olahraga Renang, Indonesia ditunjuk ASSF menjadi tuan rumah untuk kegiatan cabang olahraga Bola Basket,” ujar Washinton kepada Surya (TRIBUNnew

Indonesia Menjadi Tuan Rumah The 5th Asian Schools Swimming Championships
istimewa
Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dalam Pembukaan The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016, diGedung Griya Agung, Jl. Demang Lebar Daun, Palembang 

SURYA.co.id | PALEMBANG - Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016, yang diadakan the Asian School Sport Federation (ASSF) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Melibatkan para pelajar dibawah usia18 tahun, dari tujuh negara Asia; Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Sri Langka dan India. Kompetisi ini diselenggarakan di kota Palembang, 25-30 Mei 2016.

“The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016 ini merupakan program dari the Asian School Sport Federation (ASSF)bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI,” kata Washinton, Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, dalam Pembukaan The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016, diGedung Griya Agung, Jl. Demang Lebar Daun, Palembang kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Kamis (26/5/2016).

Menurut Washinton, setiap tahun the Asian School Sport Federation (ASSF), akan menggelar kompetisi cabang olahraga berbeda. Demikian juga negara penyelenggara akan digilir.

“Tahun 2016 ini, ASSF akan menggelar tiga cabang olahraga khusus untuk pelajar, yaitu Renang di Palembang, Tenis Meja di Singapura dan Rugby di Hongkong. Selain olahraga Renang, Indonesia ditunjuk ASSF menjadi tuan rumah untuk kegiatan cabang olahraga Bola Basket,” ujar Washinton kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Momentum ini, kata Washinton, dapat menjadi ajang evaluasi bagi atlet Indonesia yang akan diikut-sertakan pada the 8th Asean School Games (ASG) pada tanggal 21 s/d 29 Juli 2016 di Chiang Mai - Thailand.

“Itulah sebabnya, Kemenpora mengharapkan kepada seluruh atlet dapatmenunjukkan prestasi maksimal dan terbaik.Momentum ini harus menjadi media untuk mengembangkan dan mempercepat pertumbuhan para atlit muda. Mempersiapkan diri mengikuti ajang dengan skala yang lebih besar lagi, seperti Asian Games dan Olimpiade,” ujar Washinton kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, kata Washinton, juga mengharapkan, agar kegiatan lomba olahraga renang tingkat pelajar se-Asia ini dapat menjadi interaksi positif dan kesepahaman budaya antar bangsa.
“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjembatani dan mempererat hubungan para pemuda khususnya para pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Sehingga terbentuk suatu pemahaman akan niat baik, persatuan dan kebersamaan,” ujar Washinton.

Selain Washinton, hadir juga di acara pembukaan The 5th Asian Schools Swimming Championships 2016 ini, Ir.H.Ishak Mekki M.M (Wakil Gubernur Sumatera Selatan), Adiati Noerdin (Staff Ahli Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Kemenpora), Marhaeni Dyah K. (Asisten DeputiTenaga dan Organisasi Olahraga Kemenpora),Teguh Raharjo (Asisten Deputi Sentra OlahragaKemenpora), Edi Nurinda Susila (Kepala PusatPengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional/PPIKON), para pejabat lainnya, dan para atlit yang siap berkompetisi.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Yoni
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved