Berita Malang

Sambat Layanan Publik Pemkot Malang? Sms Nomor ini

Warga hanya tinggal menulis kata "Sambat", lalu menekan tombol spasi, kemudian menulis keluhan yang berkaitan dengan tugas....

Sambat Layanan Publik Pemkot Malang? Sms Nomor ini
surya/aflahul abidin
Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zulkifli Amrizal saat menunjukkan tampilan situs layanan Sambat Online, Jumat (21/5/2016). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Warga Kota Malang mulai hari ini (20/5/2016) bisa mengadu ihwal layanan publik via pesan pendek alias SMS.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Jumat (20/5/2016), meluncurkan program pengaduan layanan bernama Sambat Online.

Kepala Diskominfo Kota Malang Zulkifli Amrizal mengatakan, warga bisa menyampaikan uneg-uneg mereka dalam bentuk pesan pendek ke nomor 081333471111.

Warga hanya tinggal menulis kata "Sambat", lalu menekan tombol spasi, kemudian menulis keluhan yang berkaitan dengan tugas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkot Malang.

Pesan berbayar itu nantinya akan langsung masuk ke sistem yang dikelola oleh Diskominfo untuk kemudian diterbitkan di situs pengaduan Sambat Online. Pesan juga diteruskan ke SKPD terkait untuk ditindaklanjuti.

Terkait kecepatan respons yang akan didapat warga, Zulkifli tidak bisa menjanjikan, tergantung kesigapan SKPD.

Diskominfo juga menargetkan, setiap keluhan yang tidak ditanggapi dalam rentang 10 hari, pihaknya akan menyampaikan surat teguran pada SKPD terkait.

"Kami buat namanya 'sambat' agar sesuai dengan istilah lokal di Kota Malang. Supaya masyarakat lebih familier saja," kata dia, saat peluncuran aplikasi tersebut.

Diskominfo sengaja tidak membuat layanan berbasis internet karena belum semua kalangan warga Kota Malang paham teknologi.

Meski begitu, Diskominfo juga akan berencana mengembangkan layanan ini dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di telepon pintar.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help